Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Bupati Kudus Ajak Sedulur Sikep Mau Divaksin Covid-19

Bupati Kudus HM Hartopo saat menyosialisasikan vaksinasi Covid-19 pada Sedulur Sikep. (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Warga Samin Sedulur Sikep di Desa Karangrowo, Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus mendapat sosisliasi pentingnya vaksinasi Covid-19, Jumat (19/11/2021). Bupati Kudus HM Hartopo turun sendiri untuk memberi sosialisasi.

Dengan tujuan tidak ada lagi kesalahpahaman terkait efek samping dari vaksin itu sendiri.

Selama ini, banyak dari masyarakat Sedulur Sikep masih enggan vaksin. Dikarenakan banyaknya kabar burung yang menyebut jika vaksinasi Covid-19 punya efek samping yang buruk bagi tubuh.

Bupati Kudus HM Hartopo pun mendorong Sedulur Sikep untuk mau divaksinasi Covid-19. Vaksinasi, imbuh dia, bukan semata-mata untuk syarat administrasi saja. Melainkan untuk membentuk antibody agar tidak gampang terkena virus Covid-19.

“Terutama yang lansia, banyak yang takut. Ini harus diedukasi terus agar bisa paham jika vaksin ini sangat berharap, jangan sampai takut, program pemerintah itu baik,” ujarnya.

Baca: Sah, Pernikahan Sedulur Sikep di Kudus Dicatat dalam Adminitrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil

Tokoh Sedulur Sikep Budi Santoso menyebutkan, jika dipersentasekan, masih banyak masyarakat Sedulur Sikep yang belum menerima vaksinasi.

“Ya karena takut dengan kabar burung kalau vaksin itu buat sakit dan yang lainnya,” kata dia usai acara sosialisasi di salah satu kediaman Sedulur Sikep.

Budi pun berharap pemerintah daerah bisa terus menyosialsiasikan pentingnya vaksinasi Covid-19. Sehingga perlahan, masyarakat bisa luluh rasa takutnya dan mau divaksin.

“Namun warga yang takut mau bagaimana lagi, tidak perlu dipaksa, mengingat pemahamannya soal vaksin Covid-19 memang kurang,” pungkasnya.

Baca: Kunjungi Warga Samin Blora, Ganjar Beri Hadiah Ini

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kudus Badai Ismoyo mengakui siap menerjunkan tim yang akan memberikan edukasi kepada warga Sedulur Sikep soal vaksin Covid-19. DKK, bisa juga bekerja sama dengan tokoh masyarakat yang dituakan untuk menyosialisasikan vaksin ini.

“Acaranya bisa dalam bentuk sarasehan bersama Bhabinsa maupun Babinkhamtibas dan tokoh masyarakatnya untuk menjelaskan soal manfaat dari vaksin tersebut,” ujar Badai.

Dalam sosialisasi tersebut, akan dijelaskan bahwa vaksin bertujuan untuk membentuk kekebalan tubuh agar tidak mudah terpapar Covid-19.

“Program vakasinasi juga program pemerintah agar masing-masing daerah terbentuk kekebalan kelompok sehingga masa pandemi bisa segera berakhir,” pungkasnya.

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...