Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

ROAD TO IDC AMSI 2021

IKM dan UMKM Bali Seperti Lilin di Tengah Pandemi

IKM dan UMKM Bali Seperti Lilin di Tengah Pandemi
diskusi Road to IDC AMSI 2021, sesi dua Rabu (17/11/2021), Bali. (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Denpasar – Ketua Dekranasda Bali, Putri Suastini Koster menyebut Industri Kecil Menengah (IKM) dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) bagai cahaya lilin di tengah pandemi.

Itu diungkapkannya dalam diskusi Road to IDC AMSI 2021, sesi dua Rabu (17/11/2021), Bali. Khusus untuk Bali, acara itu mengambil tema Akselerasi UMKM Bali.

Suastini Koster mengatakan IKM dan UMKM Bali tetap bertahan di tengah pandemi. Meski cahayanya kecil, lanjutnya, Ia percaya nantinya akan bersinar terang untuk bangkit kembali.

“Digitaliasi ini menandakan bahwa usaha tidak harus ada kantor di kota besar, tetapi dari desa dapat membantu dan mengawal dan evaluasi sebagai bentuk kontrol sosial.  Semoga ini dapat memberikan kontribusi bagi IKM dan UMKM di Bali,” paparnya, seperti dikutip MURIANEWS dari rilis AMSI Bali.

Baca juga: Teknologi Digital Bantu Ekonomi di Masa Pandemi

Meski di tengah pandemi, lanjutnya, sudah seharusnya para IKM dan UMKM harus bangkit untuk memulai menata bangkit kembali. “IKM dan UMKM ternyata merupakan lilin kecil, di tengah kita masih memberikan cahaya terang  untuk bangkit,” ujar Suastini Koster.

Salah satu kegiatan yang dilakukannya selaku Ketua Dekranasda dengan mengajak pelaku usaha membawa kerajinannya di pameran untuk ditawarkan ke konsumen langsung.

Keuntungannya pun langsung ke konsumen, dibantu dengan beberapa kebijakan Gubernur Wayan Koster untuk penggunaan tenun tradisional dan memanfaatkan produk lokal Bali.

Ketua AMSI Bali, I Nengah Muliarta menjelaskan pihaknya menggelar kegiatan tersebut untuk menyumbang pemikiran untuk IKM dan UMKM di Bali. “AMSI Bali ingin terlibat dalam IKM dan UMKM di tengah pandemi. Sisi lain kami berupaya dapat terlibat dalam literasi media, sebab IKM dan UMKM harus didorong bersama dari hulu ke hilir dalam digitalisasi,” jelasnya.

Diskusi Road to IDC AMSI 2021 sesi kali ini menghadirkan empat pembicara. Yaitu, Ketua Dekranasda Bali, Putri Suastini Koster. Direktur Utama Bank BPD Bali, I Nyoman Sudharma. Pengusaha Oleh-Oleh Krisna, Ajik Krisna, dan CEO Bali Mall, Ni Wayan Sri Ariyani.

Sesi webinar AMSI Bali ini didukung oleh kampus-kampus di antaranya Universitas Warmadewa, Universitas Ngurah Rai, Fisip Universitas udayana, Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Mpu Kuturan, Singaraja,  Lembaga Insan Bina Usaha UMKM Bali, HMI Cabang Denpasar, GMNI Denpasar, PD KMHDI Bali, Universitas Dwijendra.

IDC AMSI 2021 ini juga mendapat dukungan dari Google, BNI, Astra, Bank Raya, PT. PLN Persero, Pertamina, bank BJB, PT. Bank Central Asia. Tbk, PT. Bank Pembangunan Daerah Bali, Bank Jatim, Pemerintah Kabupaten Bojonegoro, Bali Mall, Kedai Tiga Nyonya, MS Glow, dan Bank Kaltimtara.

 

Penulis: Zulkifli Fahmi
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...