Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Bendung Wilalung Kudus Berstatus Awas

Pintu Bendung Wilalung Kudus. (MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

MURIANEWS, Kudus – Bendungan Wilalung yang berada di Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus, kini bertatus awas. Peningkatan status ini, lantaran debit air kiriman dari Bendung Klambu terus meningkat sejak Kamis (18/11/2021) kemarin.

Pelaksana Lapangan Sungai Serang, Lusi, Wulan BBWS Pemali Juana Heri Bangkit Setyadi mengatakan, semenjak kemarinal tren debit air mengalami kenaikan.

Terlebih mulai semalam debit air kiriman dari Bendung Klambu sudah mencapai 745 m³/detik. Debit air tersebut menurutnya bertahan sejak 15 jam terakhir.

“Status awas mulai semalam sekitar jam 12 malam. Kami menggunakan acuan debit ari dari Klambu,” katanya saat ditemui di Bendung Wilalung, Jumat (19/11/2021).

Meski demikian, hingga saat ini pintu di Bendung Wilalung belum dibuka. Pembukaan pintu akan dilakukan ketika debit air dari Bendung Klambu di angka 800 m³/detik.

Baca: Duh, Sampah Menumpuk di Bendung Wilalung Kudus

Itupun ia memastikan pintu air tidak akan serta-merta langsung dibuka, menunggu selang empat jam kemudian.

“Acuan kami dari Bendung Klambu. Ketika debit sudah 800 m³/detik SOP akan kami jalankan. Akan kami buka pintu 8 pakai manual yang mengarah ke alur Juwana. Itupun debitnya tidak langsung sampai ke Bendung Wilalung, perjalanan air butuh waktu tunggu sekitar empat jam,” jelasnya.

Ia menjelaskan, jika debit air nantinya semakin naik, dimungkinkan akan ada pembukaan kembali pintu lain yang mengarah ke Juwana.

“Selanjutnya misal ada kenaikan lagi, kami akan buka lagi pintunya. Tapi mudah-mudahan tidak ada kenaikan lagi,” ucapnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...