Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Vaksinasi Lansia di Puskesmas Jati Kudus Rendah

Vaksinasi lansia Puskesmas Jati Kudus
Tenaga kesehatan di Kudus melakukan vaksinasi Covid-19. (MURIANEWS/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus – Vaksinasi Lansia di Puskesmas Jati Kudus Rendah. Baru 2000an lansia di sana yang mendapatkan vaksin. Sementara, ada 4000an lansia belum divaksinasi.

Kepala Puskesmas Jati, Ahmad Muhammad menyebut ada beberapa kendala yang didapati sehingga lansia itu belum disuntik vaksin. salah satu kendala para lansia itu belum divaksin karena belum memahami manfaat vaksin.

“Kami coba gencarkan sosialisasi ke  keluarga supaya keluarga ikut mendorong lansia agar mau mengikuti vaksinasi,” katanya pada MURIANEWS, Kamis (18/11/2021).

Pihaknya sendiri terus mengejar kekurangan itu. Dia optimis 4000-an lansia tersebut dapat divaksin hingga akhir tahun nanti.

Baca juga: Vaksinasi Lansia Sepuluh Daerah di Jateng Masih Rendah

Menurutnya, lansia jangan merasa tidak perlu divaksin. Meskipun tidak bepergian, Ahmad berpendapat lansia tetap perlu divaksin.

“Karena kan bisa juga terpapar dari anaknya yang memiliki mobilitas di luar rumah. Ketika tidak divaksin bukan tidak mungkin lansia terpapar,” ungkapnya.

Untuk diketahui, Puskesmas Jati membawahi delapan desa, yakni Desa Ploso, Desa Loram Kulon, Desa Tanjungkarang, dan Desa Jati Kulon. Kemudian, Desa Jati Wetan, Desa Jetis Kapuan, Desa Pasuruhan Kidul, dan Desa Pasuruhan Lor. Sebanyak 2000-an lansia di wilayah kerja Puskesmas Jati sudah divaksin.

Sementara itu, Camat Jati Andrias Wahyu Adi Setiawan mengatakan pihaknya juga terus sosialisasi agar lansia mau divaksin. Tujuannya untuk percepatan vaksinasi.

“Kami muter sosialisasi edukasi ke keluarga lansia untuk memberikan pemahaman. Untuk lansia yang tidak dapat berjalan ke tempat vaksinasi kami upayakan jemput bola,” imbuhnya.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...