Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Praktisi Kesehatan Kudus Prediksi Adanya Lonjakan Covid

Praktisi Kesehatan Kudus Prediksi Adanya Lonjakan Covid
Praktisi dan Pengamat Kesehatan Kabupaten Kudus, dr. Wahyu Widjanarko. (MURIANEWS/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus – Praktisi kesehatan Kabupaten Kudus memprediksi adanya gelombang ketiga lonjakan Covid-19. Ada dua hal yang menjadi penyebab bencana itu terjadi.

Praktisi dan Pengamat Kesehatan Kabupaten Kudus, Wahyu Widjanarko mengatakan penyebab pertama kendornya protokol kesehatan di masyarakat. Selanjutnya, pergerakan masif saat libur natal dan tahun baru (Nataru)

“Di beberapa negara Eropa saat ini sudah terjadi gelombang lonjakan Covid-19 keempat. Padahal cakupan vaksinasi di negara-negara Eropa tersebut sudah lebih bagus daripada Indonesia. Jadi bukan tidak mungkin di Indonesia juga bisa terjadi gelombang ketiga,” katanya pada MURIANEWS, Kamis (18/11/2021).

Baca juga: Jelang Nataru, Pemerintah Siapkan Aturan Pencegah Lonjakan Covid

Menurutnya, terjadinya gelombang ketiga atau tidak bergantung dari pergerakan masyarakat saat Nataru. Oleh sebab itu, dia menyampaikan agar masyarakat menahan diri untuk tidak keluar rumah.

“Memang cakupan vaksinasi sudah banyak. Tetapi nyatanya, negara-negara Eropa yang sudah bagus cakupan vaksinasinya masih terjadi gelombang keempat,” terangnya.

Baca juga: Bupati Ingatkan Potensi Lonjakan Covid Jelang Nataru

Dia juga mengatakan protokol kesehatan harus diperhatikan dengan benar. Pasalnya ketika prokes kendor akan berdampak pada terjadinya lonjakan Covid-19.

“Harapannya masyarakat bisa memahami hal ini. Sehingga tidak terjadi gelombang lonjakan ketiga Covid-19,” imbuhnya.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...