Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Seniman Lukis Kudus Obati Kerinduan dengan Pameran

Sejumlah karya seni lukis yang dipamerkan di Waroeng Seni Joglo Sawah Kudus. (MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

MURIANEWS, Kudus – Puluhan lukisan dari pegiat seni Komunitas Perupa Kudus (Paku) dipamerkan di Waroeng Seni Joglo Sawah tepatnya di Jalan Lingkar Utara Nomor 1, Desa Karangmalang, Kabupaten Kudus. Pameran lukisan tersebut digelar mulai 17-30 November 2021.

Koordinator internal pameran Subiakto Mahardhiko mengatakan, even tersebut digelar atas kerinduan para perupa dengan adanya kegiatan pameran untuk menunjukkan karyanya. Apalagi kegiatan serupa sudah vakum cukup lama, karena pandemi.

Pemeran yang bertajuk ‘Senajan Uplik’ tersebut digambarkan bak uplik penerang, meski kecil tapi tetap menerangi. Dari filosofi itu, even pameran tersebut dijadikan pemantik semangat baru meski hanya lewat even yang tak begitu besar.

“Ini sebagai ruang rindu perupa, untuk berekspresi melalui karya seninya. Ini juga untuk menunjukkan bahwa perupa Kudus (Paku) itu hingga sekarang masih eksis membuat karya seni,” katanya Kamis (18/11/2021).

Baca: Seniman di Kudus Kenalkan Kota Kretek Melalui Lukisan

Sedikitnya, ada 22 karya seni lukis yang dibuat oleh tujuh orang perupa yang dipamerkan di tempat tersebut. Ia menyebut, pameran diharapkan agar generasi muda bisa mengembangkan lagi kreatifitas seninya.

“Ini baru sebagian dari anggota kami yang ditampilkan. Total ada 23 seniman yang ada di Paku,” ucapnya.

Pameran serupa rencananya akan terus berlanjut di bulan -bulan selanjutnya, dengan jenis karya seni dari perupa lain yang ditampilkan.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...