Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Warga Diimbau Tak Perlu Pilih-Pilih Vaksin Covid-19

Salah satu nakes yang diperbantukan menjadi vaksinator Covid-19 di Kudus. (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Pemerhati dan praktisi Kesehatan di Kabupaten Kudus, dokter Wahyu Widjanarko mengimbau masyarakat untuk tidak pilih-pilih vaksin Covid-19. Terlebih, semua jenis vaksin yang digunakan di Indonesia dipastikan aman.

Dokter Wahyu menyampaikan saat ini ada beberapa jenis vaksin Covid-19. Mulai dari Sinovac, Astrazeneca, Moderna, Sinopharm, dan Pfizer.

“Vaksin-vaksin itu dipastikan aman. Dari BPOM juga sudah merekomendasikan. Artinya vaksin aman,” katanya, Kamis (18/11/2021).

Dia menyarankan kepada masyarakat untuk tidak memilih-milih vaksin. Menurutnya, lebih baik masyarakat memanfaatkan apapun jenis vaksin yang tersedia.

“Kecuali pada saat yang bersamaan ada pilihan dua vaksin. Kalau ada pilihan seperti itu silahkan kalau mau memilih. Tetapi ketika tidak ada pilihan dan hanya ada satu jenis vaksin yang tersedia saat itu ya silahkan digunakan,” ujarnya.

Baca: Stok Vaksin Kudus Melimpah, Bupati:  Segera Habiskan

Menurutnya yang terpenting vaksinasi dosis pertama dengan dosis kedua menggunakan vaksin yang sama. Karena vaksinasi tidak boleh menggunakan jenis vaksin yang berbeda pada dosis pertama dengan dosis kedua.

Kesadaran bagi masyarakat untuk mengikuti vaksinasi dirasa perlu. Hal itu untuk mencapai kekebalan kelompok.

Dia menyampaikan ketika ada Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) yang dialami oleh masyarakat, bisa berkoordinasi dengan fasilitas kesehatan (faskes) terdekat.

“Kalau terjadi KIPI saat sudah di rumah, masyarakat dapat berkonsultasi dengan tenaga kesehatan di tempat dilakukannya vaksinasi. Kalau di situ sudah tutup, bisa ke UGD rumah sakit terdekat,” ungkapnya.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...