Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Jalan Rusak di Kudus Segera Diperbaiki, Segini Dananya

Sejumlah pengendara menghindari lubang jalan di ruas jalan di Kudus. (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus akan segera memperbaiki jalan-jalan rusak di Kota Kretek. Anggaran miliaran rupiah disiapkan dalam Perkada Perubahan APBD 2021 untuk program ini.

Anggaran yang disiapkan untuk perawatan insfrastruktur di Kudus sebesar Rp 8,4 miliar. Salah satu kegunannya, adalah untuk perawatan jalan dan drainase.

“Yang paling banyak memang untuk perawatan jalan, kisarannya sedang kami hitung,” kata Kepala Dinas PUPR Kudus Arif Budi Siswanto, Kamis (18/11/2021).

Dinas PUPR sendiri, kata dia, telah menjadwalkan perawatan prioritas pada ruas jalan yang segera dilaksanakan bila Perkada ditetapkan. Di antaranya, Jalan Bulungcangkring-batas Pati sekitar 1,8 kilometer.

Kemudian Jalan Agil Kusumadya-Mijen sekitar 1 km, dan Jalan Lingkar Kencing-Tanjungkarang sekitar 350 meteran.

“Perbaikan juga akan kami laksanakan di sejumlah ruas jalan di Kudus yang memang butuh perbaikan karena berlubang,” ujarnya.

Di sisa waktu yang ada, pihaknya optimis perawatan infrastruktur Kudus bisa optimal. Atau setidaknya, tidak ada lagi ruas jalan berlubang di jalan padat kendaraan.

“Proses pengerjaannya pakai asphalt concrete-wearing course (AC-WC) jadi bisa cepat dilaksanakan,” pungkasnya.

Baca: Perbaikan Jalan Rusak di Kudus Kena Imbas Penanganan Covid-19

Kepala Badan Pengelolaan Pendapatan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Eko Djumartono menyampaikan, perbaikan jalan masuk dalam kriteria progam yang bisa dimasukkan ke Perkada.

Alasannya, adalah perbaikan jalan bisa dibilang kebutuhan mendesak yang harus segera dilakukan.

“Dalam persyaratan dari Kemendagri juga disebutkan bahwa progam yang bisa masuk perkada adalah bila ditunda akan menimbulkan kerugian bagi masyarakat. Kalau jalan rusak tidak segera diperbaiki kan ya yang kasihan masyarakat,” imbuhnya.

Khusus untuk perbaikan jalan rusak sendiri, tambah dia, dianggarkan sekitar Rp 7 miliar. Nominal tersebut diharapkan bisa untuk mencakup perbaikan jalan di Kudus di mana sudah mulai banyak yang berlubang.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...