Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Jepara Pastikan Tak Ada Vaksin Covid Kedaluwarsa

Warga tengah disuntik vaksin Covid-19. (MURIANEWS/Faqih Mansur Hidayat)

MURIANEWS, Jepara – Distrbusi vaksin Covid-19 di Jepara diklaim Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Jepara sangat baik. Sehingga, sampai sekarang belum ada vaksin yang kedaluwarsa.

Kepala DKK Jepara, Mudrikatun, menjelaskan bahwa setiap kali ada dropping vaksin Covid-19 dari Dinkes Provinsi Jawa Tengah, vaksin itu langsung ditempatkan di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Instalasi Farmasi paling lama sepekan.

Setelah itu, dibagi sesuai kebutuhan di fasilitas kesehatan, esok harinya langsung didistribusikan.

“Tidak ada vaksin kedaluwarsa. Ada alokasi berapa dari provinsi langsung didistribusikan. Misal hari ini kami menerima, langsung kami bagi sesuai kebutuhan masing-masing Puskesmas, besoknya lagsung diambili,” ujar Mundrikatun, Kamis (18/11/2021).

Vaksin yang sudah diterima Puskemas, selanjutnya disimpan di Puskesmas sebelum disuntikan kepada masyarakat. Stok vaksin yang ada di Puskesmas rata-rata hanya cukup maksimal tujuh hari.

“Di Puskesmas pun langsung habis tidak sampai seminggu. Jadi tidak ada vaksin kedalwuarsa,” kata Mundrikatun.

Baca: Stok Vaksin Kudus Melimpah, Bupati:  Segera Habiskan

Ia menyebut, saat ini total warga yang sudah tervaksin dosis pertama sebanyak 54 persen. Sedangkan, untuk dosis kedua baru mencapai sekitar 42 persen.

Sementara ini, DKK Jepara masih memiliki 154.755 dosis vaksin. Rinciannya, vaksin Sonovac (MDV) sebanyak 10.680 dosis, AstraZeneca 26.019 dosis, Moderna 44 dosis, Sinopharm (single dose)  sebanyak 8.626 dosis, Pfizer 108.139 dosis, dan Janssens masih ada 1.335 dosis.

“Kemarin kami ditawari vaksin AstraZeneca, tapi tanggal kedalwuarsanya akhir bulan ini. Saya tidak berani ambil,” pungkas Mudrikatun.

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...