Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Hujan? Ada Sepuluh Kegiatan yang Asyik Dilakukan

Sepuluh Kegiatan Asyik Kala Hujan
Ilustrasi kegiatan di musim hujan. (Pexels/Tima Miroshnichenko)

MURIANEWS, Kudus – Saat ini telah memasuki musim hujan. Beberapa aktivitas outdoor menjadi terganggu. Namun, harusnya tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

Dalam perspektif agama, hujan justru membawa berkah. Salah satu waktu berdoa yang dimustajab adalah saat turun hujan. So, jangan mengeluh saat hujan turun.

Selain itu, ada juga beberapa yang tetap asyik dilakukan di musim penghujan. Bukankah lebih baik untuk berdiam diri di rumah saja dan melakukan aktivitas yang nyaman?

MURIANEWS merangkum ada sepuluh kegiatan yang asyik di kala hujan. Apa saja? Berikut ini hal-hal yang dapat dilakukan untuk mengusir bosan saat musim hujan;

  1. Menonton Film

Menonton film jadi kegiatan yang asyik dilakukan saat hujan tiba. Ada beberapa film-film baru yang rilis di musim penghujan ini.

Film-film Aksi seperti Shang Chi dan Spider-Man No Way Home atau film keluarga Home Alone: Home Sweet Home dirilis di musim penghujan ini.

Pasti akan nikmat sekali rasanya bisa menyaksikan film kesukaan sambil berselimut dan tiduran di atas kasur. Supaya lebih asyik, jangan lupa siapkan camilan agar sebagai teman nonton film. Biar tidak sendirian, bisa juga ajak anggota keluarga untuk ikut menonton film bersama-sama.

  1. Membaca Buku

Membaca buku bisa menjadi kegiatan yang asyik dilakukan saat musim hujan. Coba lihat, buku apa saja yang belum kamu baca padahal sudah membelinya. Membaca buku saat hujan akan lebih nikmat jika ditemani dengan segelas teh hangat atau cokelat panas.

  1. Membuat Kerajinan Tangan

Saat hujan datang, sepertinya asyik juga jika membuat kerajinan tangan. Tidak ada salahnya melakukan aktivitas yang tidak biasa. Jika bingung bagaimana cara membuatnya, tonton saja beragam tutorial yang dapat ditemukan dengan mudah di YouTube. Dengan begitu, kamu bisa menciptakan kerajinan tangan yang unik dengan memanfaatkan waktu saat hujan.

Baca juga: Musim Hujan Diprediksi Datang Lebih Awal, BPMKG Imbau Pemda Segera Lakukan Mitigasi

  1. Yoga

Ketika hujan turun, olahraga bisa jadi kegiatan alternatif yang dapat dilakukan. Salah satu jenis olahraga itu adalah yoga. Dibandingkan tidur, bukankah lebih baik untuk melenturkan otot-otot tubuh?

Yoga bisa dilakukan meskipun kamu berada di rumah. Jika bingung dengan gerakan-gerakan yang harus dipraktekkan, tonton saja video-video di YouTube. Pasti ada banyak yang bisa kamu temui dan contoh.

  1. Meditasi

Hujan merupakan momen yang tepat untuk kita menenangkan diri. Kamu mungkin sedang tidak memiliki hari yang baik, oleh karena itu pikiran menjadi tidak tenang dan sedikit berantakan. Melakukan meditasi bisa jadi hal yang kamu lakukan saat hujan. Biarkan irama hujan menemani meditasi kamu.

Meditasi juga memiliki berbagai manfaat loh, seperti mengatas kecemasan, menjaga kesehatan jantung, meningkatkan daya tahan tubuh, sampai meredakan sakit.

  1. Mendengarkan Musik

Hujan juga bisa jadi waktu yang pas untuk mendengar musik dari band atau penyanyi kesukaan. Lebih baik buat daftar khusus dari lagu-lagu pilihan yang nantinya bisa kamu dengarkan ketika hujan. Asyiknya sih mendengarkan langsung menggunakan headphone, sehingga suara musik tidak terganggu bunyi air hujan.

Baca juga: Siap-Siap, BMKG Perkirakan 11 Daerah di Jateng Akan Turun Hujan Hari Ini

  1. Masak dan Makan

Ketika udara dingin, hal yang paling asyik dilakukan adalah makan. Oleh karena itu, masaklah menu favoritmu di rumah dan nikmati bersama keluarga tercinta. Enaknya sih masak menu-menu yang berkuah, seperti sop, tomyam, ramen, atau BBQ.

  1. Menanam

Menanam bisa menjadi kegiatan yang asyik. Periksa apa yang kurang dari pekarangan rumahmu. Mungkin, kamu bisa menambah tanaman hias untuk mempercantik halaman rumahmu.

Kamu juga bisa menanam tanaman yang produktif seperti sayuran atau buah-buahan di musim penghujan. Dengan menanam tanaman di musim penghujan, kamu tak perlu repot menyiraminya secara berkala.

Sebab, hujan sudah membasahi tanamannya. Di musim penghujan seperti ini juga dimanfaatkan petani untuk menanam padi lho.

  1. Tidur

Jika kebingungan mencari aktivitas yang asyik dilakukan saat hujan, tidur bisa menjadi pilihan terbaik. Tidak ada hal yang lebih nikmat dibandingkan bisa tidur ketika hujan turun, sembari menyalakan diffuser dengan aroma lavender. Dijamin tidurmu pasti akan lelap dan terbangun dengan badan yang segar.

  1. Berkarya

Ya. Musim penghujan yang menjadikan penghambat bagimu untuk berkarya. Kamu bisa membuat karya apapun dari rumah, bahkan di dalam kamarmu sendiri.

Membuat karya seperti menulis, atau menciptakan lagu bisa jadi kegiatan yang mengasyikan meski hujan deras turun di luar rumahmu. Kamu bahkan bisa menjadikan hujan sebagai tema lagumu, seperti lagu berjudul ‘Mendung Tanpo Udan’ karya Ndar Boy Genk, ‘Banyu Langit’ karya Didi Kempot, ‘Hujan’ karya Utopia dan masih banyak lagi.

 

Penulis: Zulkifli Fahmi
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...