Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Bantuan Ternak di Kudus Dimasukkan Perkada

Suasana Pasar Hewan Mejobo, Kudus. (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Bantuan ternak dan kandang dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus kepada kelompok petani di Kota Kretek dianggarkan kembali di Perkada Perubahan APBD 2021.

Walau terbilang tidak mendesak, progam tersebut bisa berjalan karena masuk dalam progam mandatori.

Perkada ini digunakan lantaran Perda Perubahan APBD 2021 Kudus tak bisa dievaluasi oleh gubernur Jateng lantaran terlambat dikirimkan. Kemendagri akhirnya mengizinkan Pemkab Kudus menggunakan perkada.

Kepala Badan Pengelolaan Pendapatan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Kudus Eko Djumartono mengatakan, sumber dana dari progam ini adalah berasal dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT).

Sehingga, tidak harus sesuai kriteria progam yang diprioritaskan untuk bisa masuk di perkada.

“Semua progam mandatori yang sumber dananya dari alokasi khusus, bantuan gubernur, atau dari dana cukai tidak harus sesuai dengan persyaratan progam yang dimasukkan ke perkada,” kata Eko, Kamis (18/11/2021).

Walau demikian, kendati telah dimasukkan dalam Perkada nanti, organisasi perangkat daerah (OPD) yang menjalankan progam tersebut bebas memilih menjalankan program tersebut atau tidak.

Mengingat waktu yang tersisa juga tinggal satu setengah bulan lagi. “Jalan atau tidaknya tergantung mereka (Dinas Pertanian dan Pangan, red) nanti,” pungkasnya.

Sementara Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kudus Sunardi menyebut, jumlah anggaran pada Perubahan APBD ini untuk progam tersebut adalah sekitar Rp 3 miliar lebih.

Baca: Kudus Siapkan Tim Pemantau Bantuan Kambing

Terkait pelaksanaanya, pihaknya akan melihat situasi dan kondisi terlebih dahulu. Dispertan sendiri, telah memiliki daftar kelompok tani yang bisa diberi bantuan hibah. Namun daftar tersebut belum diverifikasi.

“Sehingga ketika menjalankannya nanti akan diverifikasi terlebih dahulu,” pungkas Nardi.

Sementara bantuan ternak yang telah dianggarkan di APBD 2021 kemarin telah berjalan. Pemenang lelang untuk pengadaan kambing betina dan kandangnya untuk untuk 75 kelompok petani pun telah tercatat di LPSE Pemkab Kudus.

Untuk pemenang lelang pengadaan kambing betina, berhasil dimenangkan oleh CV Bintang Toedjoe asal Grobogan, dengan nilai penawaran Rp 819.280.000,00.

Sementara untuk pemenang pembuatan kandang kambing, berhasil dimenangkan oleh CV Duta Rejosari1 asal Demak, dengan nila penawaran Rp 287.746.359,43.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...