Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Puluhan Desa di Pati Belum Cairkan Dana Desa Tahap Tiga

Pelayanan di Kantor KPPN Pati. (MURIANEWS/Cholis Anwar)

MURIANEWS, Pati – Sebanyak 39 desa dari 401 desa di Kabupaten Pati belum melakukan pencairan Dana Desa (DD) tahap tiga. Padahal, batas waktu pencairannya akan berakhir di November 2021 lalu.

Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Pati Marno mencatat, pencairan DD tahap tiga ini seyogyanya selesai pada akhir November ini. Tapi, sejauh ini masih ada 39 desa di Pati yang belum mengajukan berkas pencairan.

“Berkas pencairan ini, oleh BPKAD Pati akan diserahkan ke KPPN. Setelah mendapatkan berkas pengajuan, maka kami akan mentransfer DD langsung ke rekening desa masing-masing. Prosesnya pun sehari sudah selesai transfer,” katanya, Kamis (18/11/2021).

Pihaknya mencatat, sampai pada pekan ketiga November ini, DD yang sudah dicairkan khusus untuk Kabupaten Pati mencapai Rp 416.3 miliar atau sebesar 97,6 persen dari total pagu Rp 426.4 miliar.

Menurutnya, kesiapan dan kecepatan dari desa dalam memenuhi persyaratan penyaluran sangat mempengaruhi proses penyaluran DD tersebut.

Baca: Rp 136 Miliar Dana Desa Sudah Dicairkan di Kudus

Jika sampai batas akhir belum mengajukan pencairan, maka dana tersebut menjadi sisa lebih penggunaan anggaran (Silpa) dan masuk lagi ke kas negara.

“Kami harapkan seluruh desa yang belum mencairkan untuk bisa proaktif. Caranya adalah dengan segera memenuhi dokumen persyaratan penyaluran DD ke pemda,” terangnya.

Baca: Diduga Selewengkan Dana Desa, Kades Tambahsari Ditangkap Polisi

KPPN Pati berharap untuk seluruh DD tahun 2021 sudah dapat disalurkan keseluruhannya pada November 2021 ini. Dengan akselerasi penyaluran DD diharapkan bisa segera dapat dimanfaatkan untuk mendukung pembangunan di desa.

Hal ini juga dalam rangka pemulihan ekonomi maupun pengembangan sektor prioritas di desa. Sehingga nantinya bisa  membantu mendorong perekonomian masyarakat dan kemajuan desa.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...