Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Stok Vaksin Kudus Melimpah, Bupati:  Segera Habiskan

Salah satu peserta vaksin di KPSG Sukun. (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Stok vaksin Covid-19 dengan berbagai merek di Kabupaten Kudus kini tengah melimpah.  Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Kudus sendiri, mencatat ada sekitar 140 ribuan dosis.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Kudus Badai Ismoyo mengatakan, stok vaksin yang paling banyak adalah jenis Sinovac, yakni sekitar 87 ribu dosis. Sementara sisanya adalah vaksin Pfizer dan AstraZeneca.

“Untuk stok masih sangat aman dan kami akan melakukan penyuntikan ke semua sasaran segera mungkin,” kata Badai, Kamis (18/11/2021).

DKK sendiri segera menghabiskan vaksin-vaksin tersebut. Vaksin yang aman digunakan untuk lansia, maka akan dipakai untuk kategori lansia. Sementara lainnya akan dipakai ke kategori lainnya.

Baca: Vaksinasi 90 Persen, Karimunjawa Siap Terima Wisatawan

“Kami akan pakai Sinovac lagi untuk lansia, dari 87 ribu dosis itu, 22 ribunya akan dialokasikan ke lansia,” pungkasnya.

Bupati Kudus HM Hartopo pun menginstruksikan DKK untuk segera menghabiskan stok vaksin tersebut. Dia, tidak ingin ada kejadian vaksin kedaluwarsa lagi di Kudus.

“Segera disuntikkan ke kategori-kategori sasaran, jangan sampai vaksin ini kedaluwarsa lagi,” tegas dia.

Baca: Kudus Data Ulang Lansia untuk Vaksinasi Covid-19

Hartopo, juga mewanti-wanti DKK untuk menyiapkan stok vaksin untuk dosis kedua. Sehingga tidak ada lagi ketimpangan di pencapaian dosis satu dan dosis dua.

“Jangan sampai yang sudah menerima dosis satu harus menunggu lama untuk dapat dosis dua,” pungkasnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...