Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Ternyata RA Kartini Sempat Akan Dimakamkan di Kudus

RA Kartini

MURIANEWS, Kudus – Pahlawan emansipasi RA Kartini dimakamkan bersanding dengan suaminya  KRM Adipati Ario Singgih Djojoadhiningrat di Desa Bulu, Kecamatan Bulu, Kabupaten Rembang. Namun ternyata, putri Bupati Jepara Adipari Ario Sosroningrat itu sempat akan dimakamkan di Kabupaten Kudus.

Lokasi pemakaman yang direncanakan yakni di Pesarean Sedo Moekti, yang berada di Desa Kaliputu, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus.

Di tempat ini juga kakak RA Kartini RM Panji Sosrokartono, dan kakek buyutnya Adipati Aryo Tjondronegoro III (mantan bupati Kudus) dimakamkan.

Lokasi makam Kartini awalnya direncakan di samping makam kakaknya, Sosrokartono. Hal ini juga dibenarkan oleh Temu Sunarto, Juru Kunci Pesarean Sedo Moekti, Kudus.

”Awalnya, lokasi makam RA Kartini disediakan di sebelah timur makam Sosrokartono,” katanya, Rabu (17/11/2021).

Makam RM Panji Sosrokartono di Pesarean Sedo Moekti Kudus. (MURIANEWS/Vega Ma’arijil Ula)

Namun rencana itu urung dilakukan. Pihak keluarga suami RA Kartini yang merupakan bupati Rembang waktu itu, menginginkan agar Kartini dimakamkan di Rembang.

“Suami RA Kartini tidak berkenan dan memilih agar dimakamkan di Rembang,” ujarnya.

Baca: Sosrokartono, Wartawan Perang Jenius Putra Bupati Jepara

Ia menyebut, jika Pesarean Sedo Moekti merupakan makam keluarga. Sebelum Sosrokartono, kakak kartini yang dikenal jenius dimakamna di tempat ini pada 8 Februari 1952, kakek buyutnya Ayo Tjondro III telah dimakamkan pada 1837.

“Di sini merupakan kompleks makam Mbah Sosrokartono. Buyutnya beliau juga dimakamkan di sini,” jelasnya.

Baca: RA Kartini Tak Melulu Belajar, Tapi Juga Dolanan dan Kenalkan Permainan Anak

Sejarawan Kudus, Sancaka Dwi Supani mengatakan RA Kartini tak jadi dimakamkan di Kudus, lantaran sang suami berkeinginan agar adik dari Sosrokartono itu dimakamkan di Rembang.

“Suaminya saat itu tidak setuju kalau RA Kartini dimakamkan di Kudus. Suaminya ingin agar RA Kartini dimakamkan di Rembang,” terangnya.

Sancaka juga membenarkan jika sebelumnya telah disiapkan lokasi calon makam RA Kartini di Pesarean Sedo Moekti.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...