Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Perempuan Punya Peluang Besar Gerakkan Ekonomi Kreatif

Kartina Sukowati, Anggota DPR RI. (MURIANEWS/Cholis Anwar)

MURIANEWS, Pati – Kaum perempuan disebut tak hanya mempunyai peluang besar untuk menggerakkan ekonomi kreatif. Termasuk ekonomi kreatif yang dikembangkan oleh ibu rumah tangga (IRT).

Hal ini diunhkapkan Anggota DPRD Jateng Kartina Sukowati usai memberikan Pelatihan Peningkatan Produktivitas Ekonomi Perempuan (PPEP) di BLK Pati, Rabu (17/11/2021).

“Kami sering memberikan pelatihan bagi kaum perempuan untuk menekuni ekonomi kreatif ini, terutama ibu-ibu rumah tangga. Karena mereka ini memiliki determinasi, semangat, kemampuan untuk menginspirasi dan merawat kesehatan dan kesejahteraan keluarga,” katanya.

Lebih lanjut, ekonomi kreatif yang dikembangkan oleh ibu rumah tangga ini, juga akan berdampak pada lingkungan. Dengan begitu, warga sekitar akan tertarik dan kemudian secara peelahan akan mengikuti prosesnya.

Baca: IRT di Pati Diajak Berdaya dengan Ekonomi Kreatif

Disebutkan dalam memberikan pelatihan yang bekerja sama dengan Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah (Jateng) ini, pihaknya tetap memberikan bimbingan kepada ibu rumah tangga, hingga yang bersangkutan bisa membuat usaha.

“Pembinaan tidak bisa setengah-setengah, harus tuntas. Dalam artian, usaha yang ditekuni ibu rumah tangga harus bisa jalan, termasuk dalam strategi pemasarannya. Dengan begitu, ketika dilepas mereka sudah bisa berjalan secara mandiri,” ungkapnya.

Dengan pelatihan itu diharapkan mereka mampu bertahan dalam situasi pandemi. Selain itu juga dapat membuat kemajuan dalam meningkatkan kemampuan finansial keluarga.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...