Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Pemkab Kudus Dukung Pemberantasan Rokok Ilegal

Bupati Kudus HM Hartopo (kanan nomor dua) saat memegang rokok ilegal yang akan dimusnahkan. (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus siap berkoordinasi dengan aparat penegak hukum di Kabupaten Kudus untuk memberantas peredaran rokok ilegal di Kota Kretek. Sehingga, penerimaan cukai bisa terserap dengan maksimal.

“Saya apresiasi sekali, ini adalah salah satu bentuk pembinaan kepada para pelaku industri rokok illegal agar punya efek jera,” kata Bupati Kudus HM Hartopo usai pemusnahan rokok ilegal di Kantor Bea Cukai Kudus, Rabu (17/11/2021).

Ketika terus dilakukan penindakan, pihaknya berharap keberadaan rokok illegal di Kudus bisa semakin berkurang.

Rokok-rokok legal dengan pita cukai pun bisa terangkat. Hingga akhirnya penerimaan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) pun bisa lebih meningkat.

“Kalau banyak rokok ilegal maka DBHCHT kita menurun nanti, kalau tidak ada kan meningkat dan bisa untuk masyarakat,” ujar Hartopo.

Pemkab Kudus sendiri, terus melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat terkait hal ini.

Baca: 4,8 Ton Rokok Bodong Dibakar Bea Cukai Kudus

Pendirian Kawasan Industri Hasil Tembakau (KIHT) juga digarap serius untuk menekan minat seseorang berwirausaha rokok illegal dengan alasan keterbatasan dana.

“KIHT akan kami maksimalkan dan akan kami kembangkan supaya bisa menampung industri rokok kecil. Mereka bisa beralih ke legal dengan sejumlah fasilitas yang ada tapi dengan harga sewa yang relatif murah sekali,” pungkasnya.

Diketahui sebelumnya, Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Kudus kembali memusnahkan delapan ton barang sitaan di halaman kantor Bea Cukai Kudus, Rabu (17/11/2021) siang. Termasuk di dalamnya adalah sebanyak  4,8 juta batang rokok ilegal.

Dengan rincian 4.732.586 batang segaret kretek mesin (SKM) dan 31.836 sigaret kretek tangan (SKT).

Turut dimusnahkan dua buah alat pemanas, plastic OPP sebanyak dua karung, Etiket sebanyak dua karung, dan Minuman mengandung etil alcohol sebanyak 1.200 ml.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...