Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

IRT di Pati Diajak Berdaya dengan Ekonomi Kreatif

Pelatihan Peningkatan Produktivitas Ekonomi Perempuan (PPEP) di BLK Pati. (MURIANEWS/Cholis Anwar)

MURIANEWS, Pati – Para ibu rumah tangga (IRT) di Kabupaten Pati didorong bisa berdaya dengan ekonomi kreatif. Terlebih peranan ibu rumah tangga juga dianggap penting untuk menciptakan kesejahteraan sosial.

Terlebih IRT saat ini tidak hanya sebatas mengurus rumah dan anak, melainkan juga dapat membantu menghasilkan uang.

Ketika ibu rumah tangga dapat membantu mencukupi kebutuhannya keluarga, maka tingkat kesejahteraannya akan semakin meningkat.

Hal itu dikatakan oleh Anggota DPRD Jateng Endro Dwi Cahyono saat mengisi Pelatihan Peningkatan Produktivitas Ekonomi Perempuan (PPEP) di BLK Pati, Rabu (17/11/2021).

Menurutnya, ibu rumah tangga juga bisa mendapatkan penghasilan, tanpa harus berpangku tangan menunggu nafkah dari suami.

Baca: Manusia Silver dari Luar Daerah Beraksi di Pati

Itu bisa dilakukan dengan cara pemberdayaan ekonomi kreatif. Membuat olahan makanan yang bisa dijual dan lain sebagainya.

“Ini yang kemudian harus kita kembangkan bersama. Apalagi peserta ini sebagian besar adalah ibu-ibu yang merupakan kepala keluarga. Mereka harus mencukupi kebutuhan anggota keluarganya, sehingga harus mempunyai penghasilan tetap,” katanya.

Endro menyebut, ketahanan ekonomi keluarga ini sangat dibutuhkan. Sebab, keluarga merupakan bagian terkecil dari negara. Ketika ketahanan ekonimi keluaga sudah stabil, maka negara juga akan stabil.

“Karena keluarga ini adalah bagian dari negara. Kalau keluarga sejahtera, negara juga sejahtera karena tidak ada lagi kemiskinan,” terangnya.

Baca: Bupati Banyumas Takut OTT KPK, Ganjar Bilang Gini

Dia juga menilai, sering kali pelecehan wanita ini terjadi karena kemandirian ekonomi mereka yang kurang. Bahkan hal itu juga akan berdampak terhadap kehidupan keluarga.

“Namun, apabila wanita ini sudah mandiri secara ekonomi, keluarga semakin sejahtera, maka akan meminimalkan adanya pelecehan wanita. Karena itu, peningkatan ekonomi perempuan ini sangat penting,” pungkasnya.

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...