Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

PIALA AFF 2020

Timnas Indonesia Dikalahkan Afghanistan 0-1

Timnas Indonesia
Timnas Indonesia yang menjalani TC di Turki. Pada ujicoba pertama melawan Afghanistan Timnas kalah 0-1. (facebook.com/pssi/photos/)

MURIANEWS, Jakarta- Timnas Indonesia yang dipersiapkan untuk tournament Piala AFF, kalah dalam pertandingan ujicoba, Selasa (16/11/2021) menjelag tengah malam WIB. Bertandingn di di Stadion Gloria Antalya, Turki, mereka kalah 0-1 dari Afghanistan.

Pada pertandingan ini, Indonesia yang tampil mengandalkan permainan cepat, sebenarnya sempat memberikan imbangan pada lawannya. Afghanistan yang unggul dari kekuatan fisik, beberapa kali harus berjibaku menghadapi tekanan dari para pemain Indonesia.

Indonesia bahkan mendapatkan peluang pada menit ke-9, saat terobosan dari Dedik Setiawan mampu dijangkau Witan Sulaeman. Namun sayangnya, tendangan Witan Sulaiman dari jarak dekat melebar tipis di sisi kiri gawang kiper Afghanistan.

BACA JUGA: Elkan Baggott Akan Menjadi Andalan Timnas Indonesia Vs Afganistan

Peluang kembali didapat Timnas Indonesia kali ini melalui Dedik pada menit ke-23. Umpan pendek yang disodorkan Witan Sulaeman diakhiri oleh Dedik dengan tendangan dari dalam kotak penalti namun masih melebar di sisi kanan gawang lawan.

Mendekati 15 menit akhir babak pertama, Afghanistan memiliki beberapa peluang untuk memberikan ancaman ke gawang Muhammad Riyandi. Namun, disiplinnya pertahanan Timnas Indonesia yang digalang Fachrudin Aryanto dan Elkan Baggott mampu mementahkan upaya Afghanistan untuk mencetak gol.

Kondisi ini membuat tidak ada gol yang tercipta hingga akhir babak pertama laga uji coba Timnas Indonesia vs Afghanistan. Di awal babak kedua permainan Timnas Indonesia agak kurang meyakinkan. Kesalahan umpan yang seharusnya tidak perlu terjadi, beberapa kali dlakukan oleh Evan Dimas dkk.

Shin Tae Yong memasukkan tiga pemain pada menit ke-62. Irfan Jaya, Kadek Agung, dan Ezra Walian dimasukkan menggantikan Egy Maulana Vikri, Evan Dimas, serta Dedik Setiawan.

Semenit berselang, Afghanistan memiliki peluang untuk mencetak gol. Faystal Shayesteh coba melepaskan tembakan yang mengarah ke gawang tetapi bisa diblok oleh Asnawi Mangkualam.

Timnas Indonesia mendapatkan peluang pada menit ke-67. Umpan bola mati yang dikirimkan Kadek Agung mampu dijangkau Fachrudin tetapi sundulannya masih berada di atas mistar gawang Afghanistan.

Setelah itu Timnas Indonesia harus kehilangan Baggott yang mengalami masalah di bagian kepala. Masalah itu didapat Baggott usai berbenturan dengan pemain Afghanistan di area pertahanan tim Garuda.

Upaya Afghanistan untuk mencetak gol membuahkan hasil pada menit ke-85. Kesalahpahaman di daerah pertahanan membuat, Popalzay bisa membobol gawang Riyandi lewat sontekan dari jarak dekat. Skor berubah menjadi 0-1 untuk Afghanistan.

Jelang akhir babak kedua, Timnas Indonesia mendapatkan peluang untuk menyamakan kedudukan melalui Ezra. Hanya saja eksekusi Ezra setelah melewati beberapa pemain lawan masih berada tipis di atas mistar gawang Azizi.

Penulis: Budi erje
Editor: Budi erje
Sumber: CNN Indonesia

Comments
Loading...