Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

ROAD TO IDC AMSI 2021

Vaksinasi 90 Persen, Karimunjawa Siap Terima Wisatawan

Bupati Jepara Dian Kristiandi. (MURIANEWS/Faqih Mansur Hidayat)

MURIANEWS, Jepara – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara menggenjot percepatan vaksinasi Covid-19 di Karimunjawa. Hasilnya, saat ini sudah 90 persen masyarakat di pulau itu yang tervaksinasi dan siap untuk menerima tamu dari berbagai penjuru dunia.

Bupati Jepara Dian Kristiandi menyebut, jumlah penduduk Karimunjawa saat ini ada 10.053 jiwa. Dari total itu, sudah 90 persen warganya sudah tervaksin dosis pertama. Sedangkan, untuk dosis kedua sudah mencapai 76 persen.

“Ini memang betul menjadi kesiapan masyarakat Karimunjawa dalam menerima kunjuwangan wisatawan,” kata Andi dalam Road to Indonesia Digital Conference (IDC) 2021 yang digelar AMSI, Selasa (16/11/2021).

Sejauh ini, lanjut Andi, akses ke Karimunjawa yang dibuka baru dari Pelabuhan Kartini Jepara. Selain murah, perjalanan dari daratan Jepara ke Karimunjawa hanya sekitar 1,5 jam sampai dua jam.

Andi menjelaskan, Karimunjawa memang terbukti menjadi salah satu wisata favorit masyarakat dari berbagai belahan dunia. Buktinya, sebelum adanya pandemi, jumlah wisatawan tiap tahun mencapai ratusan ribu.

Baca: Sandiaga Uno: Karimunjawa Lokasi Diving Terbaik di Dunia

Misalnya, pada tahun 2018 ada 137.835 wisatawan, tahun 2019 sampai 147.534 wisatwan, dan pada tahun 2020 saat pandemi turun drastis menjadi 13.665.

Andi memastikan siapapun yang datang ke Karimunjawa akan mendapatkan kenikmatan alam dan budaya yang membuat ketagihan. Dari 27 pulau yang ada, terdapat lima pulau yang menjadi daratan paling banyak dikujungi wisatawan.

Lima pulau yang berpenduduk itu adalah Pulau Karimunjawa, Nyamuk, Parang, Genting, dan Kemujan. Di lima pulau dan sebagian besar pulau lainnya, wisatawan bisa menikmati keindahan alam. Terutama pantai-pantai dan eksotisme bawah laut.

Baca: Pemprov Jateng Genjot Promosi Wisata Karimunjawa

Andi tak menampik bahwa saat ini pihaknya masih memiliki kendala untuk mendongkrak wisata Karimunjawa. Kendala yang masih membebani yaitu infrastruktur yang menjadi akses masuk wisatawan melalui jalur udara.

Andi menyebut, Bandara Dewadaru masih butuh tambahan perpanjangan landasan pesawat terbang. Imbasnya, pengangkutan penumpang menjadi tidak efektif.

“Saat ini sedang berjalan perpanjangan landasan, dari semula 1.200 meter menjadi 1.400 meter. Kami mohon agar Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Menparekraf untuk membantu kami terkait hal itu,” harap Andi.

 

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...