Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Lagi Diet? Lemak Makanan Ini Aman Kok

Lagi Diet? Lemak Makanan Ini Aman Kok
Saat diet tetap memerlukan asupan lemak yang cukup untuk menjaga keseimbangan asupan dalam tubuh. (iStock)

MURIANEWS, Kudus – Banyak yang beranggapan, diet harus menghindari makanan berlemak. Padahal lemak sangat dibutuhkan untuk cadangan energi.

Selain itu, lemak juga melindungi organi vital, menjaga suhu tubuh, dan memungkinkan penyerapan nustrisi yang larut dalam lemak di usus. Nah, ternyata ada loh lemak makanan yang aman dan baik saat diet.

Melansir Detikcom, lemak dalam kadar tertentu justru berfungsi baik. Kelly Scheller, ahli diet di M Health Fairvie berujar bahwa setiap bagian tubuh memerlukan lemak untuk dapat bekerja dengan normal.

Asupan lemak bisa didapatkan melalui sumber pangan hewani. Beberapa ikan seperti salmon, todak dan tuna mengandung vitamin D yang larut dalam lemak yang dapat membantu menjaga kesehatan tulang.

Baca juga: Mau Turun Berat Badan Hanya dengan Jalan Kaki? Ini Caranya

Di setiap 100 gram salmon, terdapat 4,5 gram lemak. Kendati lemak ini bersifat lemak baik, mengonsumsi ikan ini harus dalam porsi yang disarankan.

Salmon dapat dikonsumsi mentah sebagai sashimi, atau dipanggang. Selain itu salmon dapat dimasak dengan menggunakan minyak zaitun.

Minyak zaitun dalam satu sendok tehnya mengandung 4,5 gram lemak. Minyak nabati ini aman untuk diet karena mengandung asam lemak tak jenuh tunggal. Selain minyak zaitun, lemak nabati dapat diperoleh dari minyak canola, kedelai, dan biji rami.

Makanan mengandung lemak baik lainnya adalah alpukat. Seperempat cangkir buah ini terdapat 6 gram lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda. Selain itu lemak mengandung serat dan kaya nutrisi seperti vitamin C, vitamin E, zat besi, kalium, beta karoten, magnesium dan folat.

Rasa alpukat yang nikmat dapat menjadi pilihan untuk menambah asupan lemak selama masa diet. Menyantap alpukat dapat dipadukan dengan cokelat hitam yang juga mengandung lemak baik.

Pada cokelat hitam terkandung 70 persen kakao yang terdapat antioksidan dan polifenol. Kedua zat ini bermanfaat bagi metabolisme secara menyeluruh. Cokelat juga dapat memicu hormon bahagia yang dapat meningkatkan mood saat memakannya.

Kandungan lemak baik juga dapat ditemukan pada telur. Satu butirnya mengandung 6 gram portein dan 5 gram lemak yang aman dikonsumsi saat menjalani program diet.

 

Penulis: Loeby Galih Witantra
Editor: Zulkifi Fahmi
Sumber: Detikcom

Comments
Loading...