Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

ROAD TO IDC AMSI 2021

Pemprov Jateng Genjot Promosi Wisata Karimunjawa

Taj Yasin Maimoen, Wakil Gubernur Jawa Tengah. (MURIANEWS/Faqih Mansur Hidayat)

MURIANEWS, Jepara – Keindahan Pulau Karimunjawa di Kabupaten Jepara sudah masyhur hingga ke antero dunia. Bahkan, saat ini Karimunjawa sudah masuk dalam empat tempat wisata masuk Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN).

Hal itu disampaikan oleh Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen dalam Road To Indonesia Digital Conference Digitalisasi (IDC) 2021 yang digelar AMSI dengan tema Pariwisata Karimunjawa, Selasa (16/11/2021).

Oleh sebab itu, kata dia, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah terus berupaya untuk menggenjot promosi dan meningkatkan fasilitas penunjang pariwisata di Karimunjawa.

“Misalnya Bandara Dewadaru Karimunjawa itu murni bantuan dari Pemprov Jateng untuk pembangunan transportasi. Kami juga melakukan pembinaan SDM (Sumber Daya Manusia, red). Dan sarana prasasarana pariwisata,” kata Gus Yasin.

Selain itu, lanjut Gus Yasin, Pemprov juga mendongkrak promosi Karimunjawa dengan mengadakan even-even pariwisata. Pihaknya menyampaikan bahwa semua ekosistem yang dimiliki Karimunjawa dipromosikan dengan berbagai cara.

Baca: Sandiaga Uno: Karimunjawa Lokasi Diving Terbaik di Dunia

Bahkan menurut dia, promosi karimunjawa juga dilakukan di luar negeri. ”Kami pasang di taksi-taksi di luar negeri foto keindahan Karimunjawa,” terangnya.

Terlepas dari hal-hal itu, Gus Yasin menilai bahwa yang paling penting dalam mendongkrak kunjungan wisatawan adalah cara masyarakat dalam memperlakukan wisatawan yang datang.

Keramahan yang dimiliki oleh masyarakat Karimunjawa harus tetap dijaga. Sebab itu menjadi nilai lebih untuk membuat kenyamanan siapapun yang datang di Karimunjawa.

“Kita harus ramah kepada wisatawan yang datang. Sehingga mereka bisa nyaman. Tak hanya itu, kalau sudah nyaman, mereka akan mengabarkan kepada orang lain untuk datang ke Karimunjawa.

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...