Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Bukan Mitos, Tauge Ternyata Bisa Meningkatkan Kesuburan Pria

Tauge (Freepik)

MURIANEWS, Kudus – Tauge atau orang Jawa biasa menyebutnya dengan cambah, adalah salah satu sayuran bernutrisi yang sering dikonsumsi. Manfaat yang dikandung tauge cukup banyak, salah satunya adalah melancarkan pencernaan tubuh.

Kandungan tinggi enzim pada tauge membuat sayuran ini berperan penting dalam melancarkan pencernaan. Serat pada tauge juga dapat merangsang asam lambung yang membantu enzim mencerna makanan secara efisien dan efektif.

Kandungan enzim dan serat yang tinggi dapat menjadi pilihan tepat saat tubuh mengalami gangguan perncernaan dan sensitif terhadap biji-bijian.

Selain itu, tauge turut berperan dalam penyerapan zat besi, zinc dan vitamin C. Dalam 100 gram tauge segar hanya memiliki 34 kalori dan 1 gram lemak. Pada takaran yang sama, sayuran ini mengandung protein sebesar 3 gram.

Di takaran 100 gram tauge juga mengandung beta karoten 41 mg, vitamin C 5 mg, serta vitamin E 0,5 mg. Selanjutnya pada tauge juga mengandung 133 mg dan 100 gram kaliu.

Kandungan-kandungan tauge di atas akan efektif dalam mencegah anemia karena adanya kandungan zat besi pada sayur ini. Tauge juga dapat meningkatkan metabolisme dan meningkatkan sistem imun dengan berbagai nutrisi yang dikandungnya.

Melansir hasil penelitian International Journal of Preventive and Public Health Sciences, tauge dikenal sebagai sumber makanan yang baik untuk meningkatkan kualitas sperma pada pria. Tauge yang mengandung vitamin E yang terkenal dengan antioksidannya dapat memberi perlindungan dari kerusakan sel membran spermatozoa.

Kandungan vitamin C pada tauge juga berguna untuk meningkatkan kualitas sperma. Selain itu, kandungan zink pada tauge dapat meningkatkan motilitas atau pergerakan sperma di dalam rahim wanita.

 

Penulis: Loeby Galih Witantra
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...