Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

ROAD TO IDC AMSI 2021

Sandiaga Uno: Karimunjawa Lokasi Diving Terbaik di Dunia

Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. (MURIANEWS/Faqih Mansur Hidayat)

MURIANEWS, Jepara – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno memuji keindahan Pulau Karimunjawa. Ia menyebut Karimunjawa menjadi salah satu tempat diving terbaik di Indonesia bahkan di dunia.

Ini dikatakannya saat menjadi keynote speaker Road to Indonesia Digital Conference (IDC) 2021 AMSI dengan tema ‘Digitalisasi Pariwisata Karimunjawa’ yang digelar secara daring, Selasa (6/11/2021).

Sandiaga menilai, ada banyak potensi wisata yang dapat digali dan dioptimalkan dari Karimunjawa.

Selain wisata bahari, lanjut Sandi, Karimunjawa juga memiliki hewan endemik yang tidak ada di daerah lain.

“(Karimunjawa, red) memiliki kurang lebih 27 pulau yang berjejer dengan menakjubkan. Karimunjawa menawarkan keindahan laut yang tidak kalah dengan lokasi diving lainnya,” kata Sandi.

Baca: Mau Piknik ke Karimunjawa? Ini Syarat yang Harus Kamu Bawa

Dengan banyaknya potensi Karimunjawa itu, Sandi berharap agar ada penggalian lagi terhadap potensi-potensi yang belum diketahui banyak orang.

Potensi-potensi tersebut bisa dimaksimalkan dengan digitalisasi. Misalnya dengan membuat konten video yang nantinya diunggah di media sosial.

Selain itu, digitasilasi pariwisata Karimunjawa juga bisa dimaksimalkan dengan membuat aplikasi pendukung sampai menerapkan pembayaran berbasis digital.

Baca: Piknik di Karimunjawa, Ini 6 Kesenian yang Sayang Dilewatkan

“Dengan internet yang cepat, perangkat digital yang lengkap, video dan foto wisata yang menarik, narasi berupa tulisan dan audio yang baik, dan situasi objek wisata yang bersih, dan menaati protokol kesehatan adalah unsur penting dalam berjalannya digitalisasi pariwisata,” ujar Sandi.

Dalam menjalankan digitalisasi pariwisata, Sandi berharap agar ada kolaborasi dari berbagai pihak. Sehingga, pemajuan sektor pariwisata Karimunjawa bisa berjalan dengan baik dan efektif.

Dalam kegiatan itu juga dihadiri Wakil Gubernur Jateng Taj Yasin Maimoen, Bupati Jepara Dian Kristiandi, Balai Taman Nasional Karimunjawa dan pengamat pariwisata Astrid Widayani.

 

Reporter: Faqih mansur Hidayat
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...