Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Setelah Terpuruk, Cabai di Pati Mulai Pedas Lagi

Cabai rawit. (MURIANEWS/Cholis Anwar)

MURIANEWS, Pati – Setelah beberapa waktu lalu harga cabai terpuruk, kini komoditas tersebut mulai naik harga. Di Kabupaten Pati, harga cabai mulai pedas lagi, setelah mengalami kenaikan yang cukup signifikan.

Kepala Dinas Pertanian (Dispertan) Kabupaten Pati Nikentri menjelaskan, harga cabai merah keriting dati petani sebesar Rp 22.000 per kilogram. Sementara sampai ke tangan kunsumen harganya mencapai Rp 34.000 per kilogram.

“Namun untuk cabai rawit biasa, harganya masih Rp 15.000 per kilogram. Kebanyakan petani maupun konsumen rumah tangga masih memanfaatkan cabai jenis ini,” katanya, Selasa (16/11/2021).

Baca: Harga Belum Membaik, Pati Kerahkan ASN Beli Cabai Petani

Kenaikan harga tanaman hortikultura ini juga dibenarkan oleh Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin) Kabupaten Pati, Hadi Santosa. Menurutnya, kenaikan harga itu sudah mulai terjadi sejak dua pekan lalu.

“Sejumlah komoditas pertanian sudah mulai naik. Dari pantauan pasar yang kami lakukan, cabai rawit merah besar harganya maaih tinggi, sekitar Rp 50.000 per kilogram,” ungkapnya.

Diperkirakan, kenaikan ini terjadi lantaran banyaknya permintaan dari konsumen. Selain itu juga dipicu adanya warga yang melakukan hajatan, sehingga kebutuhan cabai ini meningkat.

“Harga di pasar sewaktu-waktu bisa berubah. Ini terkadang dipengaruhi oleh jumlah stok barang di pasaran juga,” pungkasnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...