Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Santri Tenggelam di Kali Kuto Kendal Ditemukan Meninggal Dunia

Tim SAR gabungan mengevakuasi santri yang tenggelam di Kali Kuto Kendal. (Dok Tim SAR)

MURIANEWS, Kendal – Upaya pencarian yang dilakukan tim SAR gabungan terhadap seorang santri yang dilaporkan tenggelam di Kali Kuto, Kecamatan Weleri, Kendal akhirnya membuahkan hasil. Korban tenggelam ditemukan dalam kondisi meninggal dunia, Selasa (16/11/2021) sekitar pukul 10.10 WIB.

Korban ditemukan oleh tim SAR gabungan di aliran Kali Kutho, tepatnya di dusun Sigendong, Desa Gempolsewu, Kecamatan Rowosari, Kendal dalam keadaan meninggal dunia. Korban diketahui bernama Muhammad Ilham Yanuar (14), warga Desa Sawangan, Kecamatan Gringsing, Batang.

Baca: Santri di Kendal Dilaporkan Tenggelam di Kali Kuto, Sudah 24 Jam Dicari Belum Ketemu

“Jarak lokasi penemuan dari tempat kejadian kurang lebih delapan kilometer. Setelah dievakuasi, korban selanjutnya dibawa ke RSI Weleri. Dengan ditemukannya korban maka operasi SAR dinyatakan selesai dan tim yang terlibat kembali kesatuannya masing-masing,” ungkap Kepala Kantor SAR Semarang Heru Suhartanto.

Menurut Heru, berdasarkan informasi yang diterima sebelumnya, pada Minggu (14/11/2021) sekitar pukul 16.30 WIB, tiga santri AL Munawir menyeberangi sungai Kali Kuto dengan tujuan ke Kecamatan Weleri untuk membeli baju. Awalnya mereka bertiga berhasil menyeberang karena aliran sungai sedang tidak deras.

Kemudian, sekitar pukul 18.00 WIB mereka bertiga hendak pulang dengan menyeberangi Kalu Kuto dari timur ke barat. Nahas, saat menyeberang inilah, tiba-tiba arus sungai berubah deras.

Baca: Kecelakaan Karambol di Pantura Kendal, 1 Meninggal 2 Luka Berat

“Akbatnya, ketiga anak tersebut hanyut. Dari tiga orang ini, dua di antaranya berhasil minggir. Sedangkan Muhamad Ilham Yanuar hanyut tenggelam,” ungkap Heru.

Setelah menerima informasi ini, operasi pencarian oleh tim SAR gabungan dilakukan. Namun, upaya pencarian terhambat oleh cuaca sekitar hujan dan debit sungai Kali Kuto yang meningkat deras. Kedalaman Kali Kuto bervariasi sekitar satu sampai tiga meter dengan lebar sungai sekitar 20 meter.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...