Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Harga Telur di Kudus Turun Jadi Segini

Pedagang telur di Pasar Bitingan, Kudus. (MURIANEWS/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus – Harga telur di Kudus turun sejak beberapa hari terakhir. Penurunan harga ini juga diiringi penurunan pembeli.

Salah seorang pedagang telur di Pasar Bitingan, Kudus, Ari Purwanto mengatakan harga telur turun sejak lima hari terakhir. Menurutnya harga telur normalnya di angka Rp 25 ribu per kilogram, saat ini turun menjadi Rp 23 ribu per kilogram.

“Turun dua ribu sejak lima hari ini,” katanya, Selasa (16/11/2021).

Menurutnya, penurunan harga terbilang lumayan. Meski begitu dia tidak tahu penyebab penurunan harga telur.

“Turun dua ribu hitungannya lumayan. Misalnya turun dua ribu dikalikan kalau ada yang beli 10 kilogram sudah berapa,” terangnya.

Meski tidak mengetahui penyebab turunnya harga telur, Ari mengaku hal tersebut lumrah tejadi di pasar. Menurutnya ketika tidak banyak orang mencari barang, harga barang tersebut justru turun.

“Tetapi ketika yang mencari itu banyak, harganya malah naik. Hal itu di sistem pasar sudah sering terjadi,” ungkapnya.

Baca: Bawang Merah di Petani Kudus Rp 5 Ribu, Tapi di Pasar Rp 25 Ribuan

Ari membandingkan di bulan yang sama pada 2020 silam, harga telur menurutnya justru menyentuh harga Rp 28 ribu per kilogram. Saat ini dengan turunnya harga telur, jumlah pembeli yang mencari justru tidak banyak.

“Itupun mereka belinya dari yang biasanya 1 kilogram, sekarang paling beli setengah kilogram saja,” ujarnya.

Praktis, pendapatannya sehari ikut menurun. Saat ini dia hanya membawa keuntungan bersih Rp 100 ribu. Padahal, saat harga telur di angka Rp 25 ribu, dia mampu membawa keuntungan bersih Rp 150 ribu.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...