Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Dishub Siap Cegat Truk Masuk Kawasan Kota Kudus

Kepala Dishub Kabupaten Kudus Catur Sulistiyanto. (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Dinas Perhubungan (Dishub) Kudus mulai menyiagakan personelnya untuk mencegat truk-truk besar yang nekat masuk kawasan kota Kudus. Para petugas akan menindak tegas truk-truk yang nekat melintas, terutama di jam padat.

Dishub menyiapkan setidaknya 16 personel. Mereka juga akan menindak angkutan kota yang melanggar larangan mangkal.

Para personel tersebut pun akan disiagakan di pagi dan sore hari. Delapan personel di pagi hari dan delapan personel di sore hari.

“Nanti sifatnya akan mobiling atau patroli, tidak diam di tempat. Jadi cakupan patrolinya bisa lebih luas,” kata Kepala Dishub Kudus Catur Sulistiyanto di sela sosialisasi keselamatan angkutan jalan di Balai Desa Jati Wetan, Selasa (16/11/2021).

Dishub sendiri, mengakui sempat kurang tegas dalam menindak truk-truk maupun angkutan yang melanggar rambu lalu lintas. Sehingga menyebabkan kemacetan dan merugikan pengguna jalan lain.

“Kemarin ada sedikit kendala, namun kali ini kami akan maksimal dalam melaksanakan penindakan. Baik yang parkir sembarangan hingga truk-truk yang masuk kota tanpa izin,” ujarnya.

Baca: Bupati Kudus Geram Banyak Truk Nekat Lewat Tengah Kota

Pihaknya juga akan berkoordinasi dengan para pemilik angkutan usaha maupun angkutan kota untuk membuat aturan untuk para pengemudi agar tetap patuh terhadap rambu lalu lintas. Sehingga tidak ada pihak yang merasa dirugikan.

Sebelumnya, Bupati Kudus HM Hartopo meminta petugas Dishub untuk tegas melakukan penindakan kepada banyak truk yang nekat masuk ke area Kota Kudus. Mengingat sampai sekarang, masih banyak truk yang nekat melintas di jam padat.

Hartopo mengatakan, sudah banyak aduan masyarakat yang masuk ke dia perihal ini. Dia sendiri, sempat menyetop langsung satu truk besar yang melintas di Jalan Sunan Muria hingga menyebabkan kemacetan.

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...