Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Bupati Kudus Geram Banyak Truk Nekat Lewat Tengah Kota

Sebuah truk besar tengah melintas Alun-Alun Simpang Tujuh, Kudus. (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Banyaknya truk besar yang masih nekat melintas di kawasan kota Kudus di jam-jam padat membuat Bupati Kudus HM Hartopo geram. Ia pun meminta petugas Dinas Perhubungan untuk tegas melakukan penindakan.

Terlebih truk-truk yang melintas di area perkotaan tersebut sering memicu kemacetan yang parah. Terlebih di Jalan Sunan Muria, Jalan Sunan Kudus, dan Jalan Jendral Sudirman.

Hartopo mengatakan, sudah banyak aduan masyarakat yang masuk perihal ini. Dia sendiri, sempat menyetop langsung satu truk besar yang melintas di Jalan Sunan Muria hingga menyebabkan kemacetan.

Oleh karena itu, dia ingin Dishub lebih tegas untuk menindak truk-truk yang melanggar. Jika tidak, hal tersebut akan jadi kebiasaan.

“Masih banyak pelanggaran yang saya lihat dengan mata kepala saya sendiri. Banyak truk masuk kota dan alun-alun akhirnya menyebabkan kemacetan yang luar biasa,” kata Hartopo saat pembukaan sosialisasi keselamatan jalan di Balai Desa Jati Wetan, Selasa (16/11/2021).

Baca: Dishub Siap Cegat Truk Masuk Kawasan Kota Kudus

Pihaknya pun menargetkan setidaknya ada tujuh penindakan dalam sepekan. Sehingga para pelanggar bisa diberi efek jera atas perbuatannya tersebut.

“Dishub harus tegas, jangan malu-malu kalau itu kenal, nanti malah jadi tambah semerawut kalau ini dibiarkan terus,” ujarnya.

Hartopo menambahkan, semua perusahaan angkutan juga diminta untuk membuat SOP bagi sopirnya. Sehingga ketika ada yang melanggar, ada sanksi dari perusahaannya.

Baca: Sempat Kabur, Truk Penabrak Warga Demak di Kudus Tertangkap

Selain diminta menindak tegas truk-truk yang melintas di area perkotaan, Dishub juga diminta untuk menertibkan angkutan yang juga parkir sembarangan. Terutama di kawasan Menara Kudus yang kerap dijumpai tumpukan angkutan yang parkir di tepi jalan.

Kepala Dinas Perhubungan Kudus Catur Sulistiyanto mengaku siap menjalankan instruksi dari bupati. Target yang dibebankan pun akan diupayakan semaksimal mungkin.

Dengan begitu, tidak ada lagi truk tanpa izin yang nekat lewat di tengah kota dan menyebabkan kemacetan.

“Akan kami tata semaksimal mungkin sehingga tidak ada kejadian yang seperti ini lagi,” tandasnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...