Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Pemilihan OSIS SMP 1 Kudus, Siswa Nyoblos Seperti Pemilu

Salah seorang siswa SMP 1 Kudus menggunakan hak pilihnya di bilik suara. (MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

MURIANEWS, Kudus – SMP 1 Kudus menggelar pemilihan ketua OSIS periode 2021/2022, Selasa (16/11/2021). Proses pemilihan ketua OSIS di sekolah ini, digelar bak seperti pemilihan umum (pemilu).

Layaknya pesta demokrasi sesungguhnya, siswa bergiliran diberikan surat suara yang berisikan foto dan nama tiga calon ketua OSIS yang akan dipilih. Kemudian, siswa masuk ke bilik-bilik suara yang sudah tersedia, untuk memilih salah satu ketua OSIS secara rahasia.

Tak berhenti di situ, surat suara yang sudah dicoblos kemudian dimasukkan ke dalam kotak suara. Setalah usai, para siswa juga diperkenankan menempelkan jari ke tinta berwarna ungu sebagai tanda sudah menggunakan hak pilihnya.

Kepala SMP 1 Kudus Ahadi Setiawan mengatakan, pemilihan ketua OSIS dengan cara tersebut dilakukan sebagai salah satu bentuk pembelajaran kepada siswa.

“Ini program tahunan SMP 1 Kudus yang sudah berjalan cukup lama. Ini termasuk pembelajaran berkaitan dengan pesta demokrasi,” katanya, Selasa (16/11/2021).

Baca: SMP 1 Kudus Borong Juara Lomba Puisi dan Cerpen MGMP

Generasi muda, sambung dia, harus dikenalkan dengan pesta demokrasi dan cara menggunakan hak pilihnya sejak dini. Sedikitnya ada sekitar 807 siswa SMP 1 Kudus yang memiliki hak suara dalam pemilihan ketua OSIS tersebut.

“Jadi ini sudah menjadi budaya demokrasi di SMP 1 Kudus. Jadi siswa bisa mengetahui tata cara  hingga proses pemilihan umum sebenarnya, sehingga ketika mereka sudah memiliki hak pilih sekitar empat tahun ke depan mereka akan lebih siap,” ucapnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...