Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

5 Manfaat Bunga Rosella untuk Kesehatan

Teh bunga rosella. (Freepik)

MURIANEWS – Tanaman rosella terkenal sebagai tanaman yang indah bentuknya. Selain memiliki bentuk bunga yang indah, tanaman ini sering dimanfaatkan bunganya sebagai olahan herbal dan produk kuliner lainnya.

Tanaman dengan nama latin Hibiscus Sabdariffa ini banyak tumbuh di negara tropis dan subtropis. Bunga rosella biasa dikeringkan untuk dimanfaatkan sebagai teh herbal karena dipercaya bagus untuk kesehatan.

Penyajian teh rosella terbilang mudah, cukup menyeduhnya dan ditambahkan pemanis. Minuman ini biasa disebut sour tea karena rasanya yang asam yang menyegarkan.

Selain dijadikan teh, bunga rosella juga diolah menjadi selai, sirup dan obat. Ini lima manfaatnya:

1. Kaya Antioksidan

Rosella terkenal mengandung antioksidan tinggi. Zat ini bermanfaat untuk menangkal radikal bebas yang dapat merusak sel tubuh. Salah satu antioksidan pada rosella adalah polifenol yang berkhasiat dapat menjadi zat antikanker.

2. Menurunkan Tekanan Darah

Melansir penelitian NCBI yang dikutip dari Kompas.com, orang yang rutin mengonsumsi teh rosella selama enam minggu terbukti signifikan menurunkan tekanan darah.

Tapi mengonsumsi teh rosella tidak diperkenankan bersamaan dengan obat hydrochlorothiazide karena dapat menimbulkan efek samping.

Baca: Mau Turun Berat Badan Hanya dengan Jalan Kaki? Ini Caranya

3. Menjaga kesehatan liver

Dalam sebuah studi yang melibatkan orang dengan obesitas, teh bunga rosella bermanfaat untuk meningkatkan kondisi hepatik steatosis.

Hepatik steatosis adalah kondisi dimana terdapat terlalu banyak sel lemak pada liver. Kondisi ini bisa menyebabkan gagal hati jika tidak ditangani.

4. Menurunkan obesitas

Dikutip dari Alodokter, Mengonsumsi rosella juga dipercaya menghambat penyerapan asam lemak jenuh dan mengurangi penumpukan jaringan lemak. Selain itu juga dapat menjaga gula darah, menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol jahat dalam tubuh dan meningkatkan kadar kolesterol baik.

Dengan demikian, tanaman rosella bermanfaat untuk mengatasi kolesterol tinggi dan menurunkan risiko obesitas.

Baca: Kurang Tidur Dapat Sebabkan Naiknya Berat Badan

5. Mencegah Penyakit Kardiovakular

Dengan bermanfaatnya untuk mengatasi kolesterol tinggi dan menurunkan tekanan darah, teh rosella juga dapat mengurangi risiko terjadinya penyakit kardiovaskular seperti aterosklerosis, stroke dan penyakit jantung.

 

Banyaknya manfaat dalam tanaman rosella memang baik untuk tubuh. Namun untuk mendapat hasil maksimal dari mengonsumsi tanaman itu, menjaga pola hidup sehat harus tetap dilakukan.

Berolahraga, makan teratur dengan gizi seimbang dan istirahat cukup dapat memaksimalkan khasiat yang terkandung dalam tanaman rosella.

 

Penulis: Loeby Galih Witantra
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...