Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

KSR PMI Grobogan Digembleng Penanganan Bencana

Peserta diklatsar KSR PMI Grobogan sedang menyimak materi pelatihan yang disampaikan instruktur. (MURIANEWS/Dani Agus)

MURIANEWS, Grobogan – Palang Merah Indonesia (PMI) Grobogan menggelar kegiatan pendidikan dan pelatihan dasar (diklatsar) yang diperuntukkan bagi Korp Sukarela (KSR). Materi yang diberikan adalah berbagai cara dalam penanggulangan bencana.

“Kabupaten Grobogan merupakan daerah rawan bencana. Terutama, saat musim hujan seperti ini. Jadi, KSR kita siapkan untuk mendukung penanggulangan bencana,” jelas Kasi Pelayanan PMI Grobogan Gesit Kristyawan, Senin (15/11/2021).

Menurut Gesit, diklatsar yang dilangsungkan di Bumi Perkemahan Cindelaras, Kecamatan Toroh selama tiga hari ini diikuti 32 peserta. Para peserta berasal dari unsur mahasiswa, Karang Taruna dan wiraswasta.

Dalam kegiatan ini, semua peserta mendapatkan pengetahuan tentang kebencanaan dan pertolongan. Seperti, assesment, pendataan, distribusi logistik, pertolongan bencana, hingga proses evakuasi.

“Cukup banyak materinya. Dengan demikian, jika terjadi bencana, para KSR ini siap diterjunkan untuk membantu,” sambungnya.

Gesit menambahkan, urusan bencana merupakan tanggungjawab bersama dan tidak bisa ditangani pemerintah saja. Untuk itu, perlu dukungan dari berbagai pihak untuk menanggulangi maupun mencegah bencana alam tersebut.

Reporter: Dani Agus
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...