Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Pentingnya Tugas Marshal yang Bikin ATC 2021 Mandalika Ditunda

Marshal di balapan
Pentingnya tugas marshal di sirkuit balapan. (Foto: Gold and Goose / Motorsport Images)

MURIANEWS, Jakarta- Penyelenggaraan Asian Talent Cup (ATC) pada Minggu, (14/11/2021) di Sirkuit Mandalika ditunda. Penundaan tersebut dikarenakan kurangnya marshal yang bertugas di sirkuit.

Dari sini, banyak yang akhirnya bertanya-tanta mengenai keberadaan petugas Marshal. Bagaimana sebenarnya tugas marshal? dan apa pentingnya, hingga balapan di Mandalika sampai akhirnya ditunda, gara-gara kurangnya petugas marshal.

Marshal dikenal sebagai petugas yang bertanggung jawab terhadap keselamatan para pebalap. Marshal diharuskan memiliki pengetahuan dasar di bidang medis saat terjadinya kecelakaan.

Selain itu, marshal sebagai orang paling dekat di lintasan harus dapat memberikan informasi yang akurat mengenai kondisi lintasan dengan racing flags atau simbol-simbol balap lainnya.

Mereka di tuntut mampu mengamati situasi balap, seperti apabila ada pebalap yang dinilai tidak sesuai aturan hingga membantu saat pebalap mengalami kecelakaan.

BACA JUGA: ATC Sirkuit Mandalika Ditunda, Ini Kata Gubernur NTB

Marshal juga dituntut mengetahui atau memiliki teknik memadamkan api, karena tak jarang motor atau mobil pebalap mengalami kebakaran saat terjadinya kecelakaan. Skil memadamkan api menjadi salah satu syarat mutlak untuk menjadi marshal

Petugas sirkuit ini biasanya direkrut oleh penyelenggara lokal yang diseleksi dari mereka yang mendaftarkan diri secara sukarela (volunter). Namun untuk menjadi marshal atau petugas sirkuit harus melewati serangkaian seleksi dan mendapat lisensi resmi dari badan tertinggi asosiasi balap FIM.

Meski menjadi marshal bukan pekerjaan yang mudah, ada keuntungan saat ambil bagian dalam ajang balap itu. Selain mendapat pengalaman mengikuti ajang balap secara langsung, marshal dapat menyaksikan aksi kebut-kebutan pebalap secara langsung di dekat trek.

Tidak sekadar itu, marshal dengan pekerjaan yang baik dapat direkomendasikan untuk menjalani profesi serupa di sirkuit lainnya di seluruh dunia.

ATC 2021 ronde terakhir akan dibarengkan dengan penyelenggaraan World Superbike (WSBK) pada 12-14 November mendatang. Layak ditunggu seperti apa penyelenggaraan perdana event balap internasional di Sirkuit Mandalika mendatang.

Penulis: Loeby Galih Witantra
Editor: Budi erje
Sumber: motorsport.com

Comments
Loading...