Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

METRO JATENG

Kapolda Jateng Ungkap Dugaan Terbakarnya Kilang Pertamina Cilacap

Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Lutfi saat memberikan keterangan kepada awak media. (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, CilacapKapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi mengungkap dugaan penyebab terjadinya kebakaran yang melanda area Kilang Pertamina RU IV Cilacap yang terjadi Sabtu (13/11/2021) lalu.

Orang nomor satu di Polda Jateng itu membenarkan, dugaan terbakarnya tangki yang memuat bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite di area Kilang Pertamina Cilacap itu karena adanya sambaran petir.

Kapolda Jateng mengatakan sebelum kebakaran tangki Kilang Pertamina Cilacap itu terjadi pada Sabtu sekitar pukul 19.10 WIB, dan baru bisa dipadamkan 12 jam setelahnya.

Baca: Kilang Minyak Pertamina RU IV Cilacap Kebakaran

“Atas kejadian itu, Polda Jateng telah melakukan penyelidikan dan penyidikan dibantu Puslabfor Mabes Polri. Kami telah melakukan pemeriksaan 6 orang saksi. 5 saksi diambil keterangan dari eksternal, benar bahwa pada hari Sabtu melihat TKP adanya hujan dan petir di wilayah tersebut,” jelas Kapolda saat menggelar konferensi pers di Kantor Pertamina Cilacap seperti dikutip Solopos.com, Senin (15/11/2021).

Kapolda menambahkan, hal ini diperkuat keterangan 1 orang dari BMKG menyampaikan saat itu ada 2 titik petir di jarak 45 KM dan 12 KM.

“Hal ini akan kita perjelas dengan keterangan ahli terkait kekuatan petir dengan jarak jauh dapat menimbulkan induksi sehingga mengakibatkan kilatan cahaya. Ini akan kita perkuat dengan keterangan BMKG,” ungkap Kapolda.

Baca: Kilang Minyak Pertamina Cilacap Terbakar, Mobil Damkar Berkapasitas 5 Ribu Liter Dikerahkan

Kapolda menambahkan saat ini aparat Direktorat Reserse dan Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Jateng juga telah memeriksa 7 CCTV yang ada di lokasi kebakaran. Dari tujuh CCTV itu, dua di antaranya memperlihatkan adanya kilatan cahaya, yang diduga berasal dari petir pada pukul 19.10.40 WIB.

“Oleh karena itu, penyidik Polda Jateng, untuk sementara, sesuai dengan keterangan saksi, CCTV dan dari BMKG diduga kebakaran itu akibat dari induksi sambaran petir,” imbuh Kapolda Jateng.

Baca: Ini Identitas Korban Kebakaran Kilang Minyak Pertamina Indramayu

Kapolda juga memastikan hingga saat ini belum ditemukan adanya dugaan bahwa kebakaran di area Kilang Pertamina Cilacap itu akibat kelalaian petugas atau sabotase pihak luar.

“Untuk hari ini, Labfor sudah bisa masuk ke TKP untuk melakukan pendalaman terkait bukti-bukti menguatkan pembuktian awal, ” pungkas Kapolda.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Solopos.com

Comments
Loading...