Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Operasi Zebra di Pati Tak Ada Razia, Ini yang Dilakukan Polisi

Gelar pasukan Operasi Zebra Candi Polres Pati. (MURIANEWS/Cholis Anwar)

MURIANEWS, Pati – Jajaran Polres Pati menggelar apel pasukan dalam rangka Operasi Zebra Candi 2021, Senin (15/11/202). Dalam operasi selama dua pekan itu nanti, petugas tidak akan melakukan razia di jalanan.

Petugas disebut juga tidak akan mengecek kelengkapan surat-surat kendaraan bagi para pengguna jalan.

Tetapi, petugas akan lebih sering memberikan imbauan kepada para pengguna jalan agar tertib berlalu lintas. Selain itu, imbauan tentang ketaatan protokol kesehatan (prokes), terutama menggunakan masker saat berkendara.

Bupati Pati Haryanto selaku inspektur upacara dalam apel tersebut mengatakan, Operasi Zebra Candi 2021 ini merupakan proses manajerial yang harus dilaksanakan dalam rangka mengecek kesiapan akhir personel sebelum diterjunkan di lapangan.

“Sehingga dengan demikian, penyelenggaraan operasi dapat berjalan dengan optimal serta dapat terlaksana sesuai dengan tujuan sasaran yang telah ditetapkan,” katanya.

Baca: Operasi Zebra di Kudus Dipastikan Tak Sekadar Tilang

Lebih lanjut, operasi ini juga bertujuan menciptakan situasi kamseltibcar lantas. Caranya dengan memberdayakan seluruh stakeholder supaya dapat diambil langkah yang komprehensif untuk menyelesaikan permasalahan lalu lintas.

“Karena itu, butuh koordinasi bersama antarinstansi pemerintah yang bertanggungjawab dalam membina dan memelihara kamseltibcar lantas. Dengan demikian tercipta keterpaduan langkah yang dapat menunjang pelaksanaan tugas,” ungkapnya.

Baca: Operasi Zebra Digelar di Blora, Ini Sasarannya

Dalam operasi ini, para personel yang bertugas diminta untuk mengedepankan sikap humanis. Upaya preventif dan preemtif lebih ditekankan dari pada dengan gaya model penindakan tegas.

“Operasi Zebra Candi tidak ada bersifat represif. Kegiatan yang dilakukan humanis kepada pengguna jalan agar patuh protokol kesehatan dan berlalu lintas,” tegasnya.

Selama operasi, petugas dilarang melaksanakan giat razia kendaraan, pemeriksaan surat-surat yang menimbulkan rasa tidak simpatik, dan menurunkan citra Polri.

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...