Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

ATC 2021 Sirkuit Mandalika Ditunda, Digelar Bersama WSBK

ATC 2021 Sirkuit Mandalika Diundur, Digelar Bersama WSBK
Pembalap Asia Talent Cup (ATC) 2021. (Instagram/@asiatalentcup)

MURIANEWS, Lombok – Balapan Asia Talent Cup (ATC) 2021 di Sirkuit Mandalika diundur pekan depan. Gelaran itu akan diselenggarakan bersamaan WSBK Mandalika, 19-21 November.

Mulanya, ATC 2021 Mandalika dijadwalkan berlangsung, Ahad (14/11/2021). Berdasarkan jadwal, race pertama digelar pada pukul 12.00 dan 16.00 untuk yang kedua.

“Balapan Idemitsu Asia Talent Cup yang akan berlangsung di Pertamina Mandalika International Street Circuit pada hari Minggu tanggal 14 November telah dijadwal ulang untuk berlangsung akhir pekan depan,” tulis ATC dikutip MURIANEWS di laman resmi Asia Talent Cup, Senin (15/11/2021).‎

“Dorna Sports, bersama dengan Mandalika Grand Prix Ascociation, karena itu dapat mengkonfirmasi bahwa final musim ATC akan terdiri dari empat balapan dan berlangsung dari 19 hingga 21 November, bersama WorldSBK,” lanjut pernyataan ATC.

Sebelum diumumkan adanya penundaan, para pembalap sebenarnya sudah memasuki lintasan dan mengambil posisi start. Namun, akhirnya ATC Mandalika harus ditunda. Pihak penyelenggara ATC sendiri tidak menyebut alasan penundaan.

Baca juga: Jelang WSBK, Gubernur NTB Gemas Ada Media Asing Bikin Gaduh

Penundaan itu dikabarkan karena kekurangan marshal. Berdasarkan kabar yang beredar di media sosial, Dorna meminta penyelenggaran ATC Mandalika menyediakan delapan marshal di setiap pos.

Seperti diketahui, marshal adalah petugas yang bertanggungjawab mengibarkan bendera apabila terjadi insiden dalam race. Mershal harus mengibarkan bendera untuk memberikan petunjuk pada pembalap.

“Putaran ATC pertama di Mandalika direncanakan agar sirkuit baru dapat menguji fasilitas dan layanan lintasannya. Tantangan dalam Organisasi Olahraga telah diidentifikasi dan sekarang sedang ditangani untuk memastikan keselamatan pengendara setelah balapan berlangsung,” tulis pihak ATC.

Terkait batalnya balapan, pihak Mandalika Grand Prix Association (MGPA) mengklarifikasi bahwa balapannya tidak batal. MGPA pun meminta maaf dan menyebut balapannya akan diganti ke pekan depan.

“Kami meminta maaf bagi para pendukung yang sudah datang untuk menyaksikan para pembalap Asia Talent Cup 2021,” bunyi pernyataan MGPA di akun Instagram mandalika_circuit_id.

“Demi keamanan para pembalap, jadwal pertandingan akan diubah menjadi tanggal 19-21 November nanti. Yuk tetap dukung terus pembalap favoritmu,” lanjut pernyataan tersebut.

Dorna Sports selaku promotor telah menjelaskan alasan ditundanya ATC kali ini. Mereka ingin memastikan keamanan untuk setiap pebalap terjaga dengan sangat baik saat balapan di Sirkuit Mandalika berlangsung.

“Putaran ATC pertama di Mandalika direncanakan agar sirkuit baru dapat menguji fasilitas dan layanan lintasannya. Tantangan dalam organisasi olahraga telah diidentifikasi dan sekarang sedang ditangani untuk memastikan keselamatan pembalap setelah balapan berlangsung,” ujar Dorna.

 

Reporter: Zulkifli Fahmi
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...