Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Kudus Target Vaksinasi Lansia 60 Persen di Akhir Tahun

Nakes RS Mardi Rahayu menyuntikkan dosis vaksin ke lansia. (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus menargetkan capaian vaksinasi lansia hingga akhir tahun 2021 bisa mencapai 60 persen lebih. Saat ini, vaksinasi lansia berada di angka sekitar 40 persen.

“Paling tidak sampai tutup tahun ini bisa sampai 60 persen,” kata Bupati Kudus HM Hartopo, Senin (15/11/2021).

Hartopo pun optimis bisa mencapai target tersebut. Mengingat Kudus saat ini kebanjiran vaksin Pfizer yang aman bagi kategori 12 tahun ke atas. Sehingga bisa disuntikkan kepada lansia.

“Bisa, pasti bisa, ini dosis dua juga tengah digenjot untuk vaksin Sinovac-nya,” ujarnya.

Hartopo, sebelumnya juga telah menginstruksikan kepada semua camat untuk terus menggenjot vaksinasi di wilayahnya, terutama pada kategori lansia. Hal tersebut dilakukan agar Kabupaten Kudus bisa segera turun level ke PPKM Level 2.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Kudus Badai Ismoyo menyampaikan, sampai saat ini capaian vaksinasi lansia di Kudus mencapai 40 persen. Hanya, yang terinput di sistem Pcare baru sekitar 35 persen.

Baca: Vaksinasi Covid-19 Grobogan Dosis Satu dan Dua Jomplang 

Pihaknya akan berkoordinasi dengan BPJS Kesehatan selaku pemilik aplikasi tersebut. Sehingga keterlambatan data yang terinput bisa segera teratasi.

“Sementara secara keseluruhan kini sudah hampir mencapai 60 persen,” tandasnya.

Pemkab sendiri, menyiapkan dua mobil pelayanan vaksinasi Covid-19 di Kota Kretek. Hal tersebut dilakukan untuk mengejar target vaksinasi Covid-19 khususnya di kategori lansia.

Tokoh-tokoh masyarakat di masing-masing wilayah juga turut diajak untuk menyosialisasikannya. Sehingga para lansia tidak ragu lagi untuk divaksin.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...