Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Vaksinasi Covid-19 Grobogan Dosis Satu dan Dua Jomplang

Ilustrasi Vaksinasi
Tenaga kesehatan melakukan vaksinasi Covid-19. (MURIANEWS/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Grobogan – Progres capaian vaksinasi Covid-19 di Grobogan terus mengalami peningkatan. Data per tanggal 12 November 2021, capaian total vaksinasi Covid-19 dosis satu sudah mencapai 677.832 orang atau 59 persen.

Namun, untuk capaian total vaksinasi dosis dua baru mencakup 307.940 orang atau 27 persen. Dengan demikian, ada selisih 32 persen antara capaian vaksinasi dosis satu dan dua.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Grobogan Slamet Widodo mengungkapkan, total sasaran vaksinasi sebanyak 1.140.272 orang. Sejauh ini, progres capaian vaksinasi ini sudah ada peningkatan cukup banyak.

“Pada awal Oktober lalu, capaian total vaksinasi dosis satu baru 31,70 persen dan dosis dua 14,06 persen. Jadi, sudah ada perkembangan yang cukup baik,” katanya.

Meski ada peningkatan, namun Slamet mengakui jika angka keseluruhan capaian vaksinasi itu belum memenuhi target. Khususnya, untuk capaian vaksinasi dosis kedua.

Baca: Ada Vaksin Kedaluwarsa, Kemenkes Tunggu BPOM

Dengan belum tercapainya target ini maka status Kabupaten Grobogan tentunya belum bisa turun ke PPKM level 2 atau masih berada di level 3.

Slamet menjelaskan, ada sejumlah indikator untuk penentuan level PPKM suatu daerah. Salah satu indikator dari penentuan level PPKM adalah capaian vaksinasi Covid-19.

Sesuai Inmendagri, untuk bisa turun ke level 2, salah satunya syaratnya adalah capaian total vaksinasi Covid-19 dosis satu, minimal mencapai 50 persen. Kemudian untuk capaian vaksinasi khusus lanjut usia (lansia) atau usia di atas 60 tahun mencapai minimal 40 persen.

Baca: Guru SMK di Grobogan Main Bareng Band GIGI, Aksinya Bikin Heboh

Lebih lanjut dijelaskan, untuk capaian total vaksinasi Covid-19 dosis satu bagi lansia sudah ada 102.341 orang atau 69 persen dari total sasaran sebanyak 147.071 orang. Namun untuk vaksinasi lansia dosis dua, capaiannya baru 49.793 orang atau 34 persen.

“Untuk capaian vaksinasi Covid-19 dosis satu bagi lansia sudah memenuhi target. Namun, untuk yang dosis duanya belum,” katanya.

Slamet menambahkan, sejauh ini, kesadaran masyarakat Grobogan untuk mengikuti vaksinasi dinilai sudah meningkat. Hanya saja, kendalanya masih kurangnya ketersediaan vaksin jika dibandingkan dengan banyaknya sasaran.

“Kita sudah mengajukan penambahan vaksin. Kita upayakan pada akhir bulan November ini, capaian vaksinasi di Grobogan bisa sesuai target sehingga kembali turun ke level 2,” pungkasnya.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...