Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Mau Turun Berat Badan Hanya dengan Jalan Kaki? Ini Caranya

Aktivitas jalan kaki yang menyehatkan. (Pixabay)

MURIANEWS – Menurunkan berat badan bisa dilakukan dengan berbagai macam cara. Mulai dari diet, hingga rutin olahraga.

Namun ternyata ada cara yang lebih mudah, hanya dengan jalan kaki.

Sejumlah penelitian menunjukkan jika jalan kaki yang dilakukan secara benar dan rutin cukup efektif menurunkan berat badan.

Jalan kaki, meski terdengar aktivitas olahraga yang sederhana, dapat menurunkan berat badan.

Sebagai contoh, aktris Rabel Wilson, mempunyai pengalaman menurunkan berat badan dengan cara jalan kaki sebagai olahraga andalanannya.

Ia berhasil menurunkan sekitar 35 kg berat badannya hanya dengan rutin berjalan kaki. “Sebagai orang biasa, jalan kaki juga sehat buat kita,” katanya dikutip dari Kompas.com yang melansit Insider.

Kendati tidak terlihat efisien untuk menurunkan berat badan, jalan kaki efektif membantu mendapat berat badan ideal dan manfaat lainnya.

Cedric Bryan, PhD, Presiden dan chief science officer dari American Council on Exercise, menjelaskan jalan kaki merupakan latihan aerobok low-impact yang memungkinkan seseorang mengeluarkan energi dan membakar kalori.

Baca: Tahukah Anda Jika Bayi Dipijat Bisa Menaikkan Berat Badan

Dengan keluarnya energi dan membakar kalori, dapat membantu menurunkan berat badan. Karena jalan kaki merupakan aktivitas yang ringan, akan mudah untuk diubah dan disertakan dalam agenda harian dalam menurunkan berat badan.

Pada umumnya, jalan kaki disarankan dilakukan sekitar 30 menit hampir setiap hari dalam sepekan. Bryan menyarankan untuk melakukannya selama 45-60 menit per hari beberapa kali dalam seminggu jika ingin menurunkan berat badan.

Baca: Kurang Tidur Dapat Sebabkan Naiknya Berat Badan

Untuk menurunkan berat badan, jumlah kalori yang dibakar per jamnya ditentukan berdasar berat badan dan kecepatan jalan kaki.

Melansir healthline, sebagai contoh berat 55 kg disarankan berjalan kaki dengan kecepatan 3,2 kilometer perjam yang dapat membakar sekitar 154 kalori. Semakin cepat kita berjalan, semakin banyak kalori yang dibakar.

Selain itu ada faktor lain yang mempengaruhi penurunan berat badan. Lokasi jalan kaki yang dilakukan pada suhu ruangan atau luar ruangan, jenis kelamin dan usia.

Untuk hasil yang optimal, seseorang harus mengombinasikan dengan hidup sehat. Dengan rutin jalan kaki dan pola hidup sehat, maka akan lebih efektif dalam menurunkan berat badan.

 

Penulis: Loeby Galih Witantra
Editor: Ali Muntoha
Sumber: Kompas.com

Comments
Loading...