Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Vaksinasi Covid-19 di Blora Dekati 60 Persen

Tenaga kesehatan melakukan vaksinasi. (MURIANEWS/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Blora – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blora menggenjot capaian vaksinasi Covid-19. Hingga saat ini capaian vaksinasi sudah mendekati angka 60 persen.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Blora Edy Widayat mengatakan, vaksinasi sudah 57 persen lebih. Meski demikian, capaian untuk kategori lanjut usia (lansia) masih rendah.

”Tepatnya per tadi malam 57,9 persen. Sementara lansia baru 35 persen,” katanya kepada wartawan Sabtu (13/11/2021).

Ia mengatakan, vaksinasi saat ini tengah digencarkan. Mulai dari usia 12 tahun ke atas. Terutama untuk kalangan lansia.

Karena pemerintah menargetkan vaksinasi lansia minimal 40 persen agar status PPKM bisa turun. Dan secara umum syarat minimal vaksinasi adalah 60 persen.

“Untuk usia di atas 12 tahun wajib untuk ikut vaksinasi,” ucap Edy.

Edi menyampaikan, pada pertengahan Oktober stok vaksin di Blora akan melimpah. Hal ini berbeda dengan sebelum-sebelumnya, sehingga menghambat percepatan vaksinasi.

“Kita kadang-kadang seminggu dua kali, enggak mesti. Tinggal stok nasional ke Jateng, dari jateng dibagi lagi,” ujarnya.

Dirinya berharap percepatan vaksinasi mampu mencegah atau mengurangi penularan Covid-19 di masyarakat dan menciptakan herd immunity.

“Masyarakat sadar mengikuti vaksin dan datang ke gerai- gerai vaksin terdekat, yang kedua apapun yang terjadi prokes harus dilakukan. Harapanya sih sampai akhir tahun itu 100 persen. Nanti  capaiannya berapapun kita pasti bisa,” imbuhnya.

Baca: Pocut Meurah Intan, Singa Betina dari Aceh yang Diasingkan ke Blora

Sementara itu, Bupati Blora Arief Rohman, mengaku siap dan akan mengawal serta mendorong vaksinasi untuk lansia yang ada di Kabupaten Blora.

“Kami siap untuk mendorong masyarakat untuk ikut vaksin, terlebih masyarakat kami yang usia lanjut (lansia) yang belum vaksin” Kata Bupati.

Untuk mensukseskan hal tersebut, Pemkab Blora juga telah melakukan vaksinasi bagi para lansia secara door to door atau secara jemput bola.

“Kita akan semakin gencarkan vaksinasi secara jemput bola bagi para lansia di desa-desa. Kita bersinergi melibatkan TNI-Polri, Puskesmas, pemerintah desa dan berbagai pihak lainnya,” terangnya.

 

Kontributor Blora
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...