Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Kudus Siapkan Tim Pemantau Bantuan Kambing

Suasana Pasar Hewan Mejobo, Kudus. (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus akan menyiapkan tim evaluasi pemantau bantuan ternak dan kambing betina untuk 75 kelompok petani asal Kota Kretek.

Mereka ditugasi memantau perkembangan dan mengevaluasi bantuan ternak yang diberikan kepada 75 kelompok petani tersebut.

“Nanti akan kami bentuk dari Dinas Pertanian dan Pangan,” kata Bupati Kudus HM Hartopo, Sabtu (13/11/2021).

Penyiapan sanksi bagi kelompok petani yang sengaja lalai pun disiapkan. Sehingga penerima bantuan ternak benar-benar bisa merawat ternaknya sepenuh hati.

“Jadi ketika nanti ada ternaknya yang meninggal harus difoto dan dilaporkan, kalau tidak nanti ya bisa ada sanksi apalah nanti dari tim monggo,” ujarnya.

Baca: Bantuan Ternak dan Kambing Pemkab Kudus Dilelang

Hartopo mengatakan, pemkab sengaja menggelontorkan bantuan ternak untuk membantu meningkatkan perekonomian petani. Sehingga harus benar-benar dirawat dan diberdayakan dengan baik.

“Ini kan investasi jangka panjang, nanti yang diuntungkan juga petani penerima sendiri, sehingga kami mohon benar untuk dirawat ketika nanti sudah menerima bantuannya,” terangnya.

Proses bantuan kambing betina beserta kandang dari Pemkab Kudus untuk 75 kelompok petani di Kota Kretek juga telah masuk lelang.

Baca: Viral Penjual Kambing Cantik di Pati, Ini Sosoknya

Berdasar keterangan di Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE), pagu anggaran untuk pengadaan kambing betina tersebut adalah sebesar Rp 1,04 miliar. Sementara harga perkiraan sendiri (HPS) adalah sebesar Rp 886,16 juta.

Kemudian untuk pengadaan kandang, dipagu dengan anggaran sebesar Rp 304 juta. Sementara untuk HPSnya adalah sebesar Rp 302,87 juta.

Progam pengadaan kambing beserta kandang yang ini merupakan anggaran awal yang masuk ke dalam penjabaran keempat APBD 2021.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...