Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Perempuan di Kudus Ini Rela Resign demi Grooming Kucing

Owner Kiett Cats, Nia Purnariyanti (43) tengah membersihkan kucing. (MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

MURIANEWE, Kudus – Memiliki kucing peliharaan yang bersih dan sehat pasti menjadi idaman para pecinta kucing. Tak jarang, banyak pecinta kucing yang secara rutin menjadwalkan anabul kesayanganya untuk di-grooming.

Namun adakalanya pecinta kucing yang lag imager alias lagi malas gerak. Nah, jasa grooming, panggulan bisa jadi solusi, dan jadi peluang bisnis.

Ini pula yang ditangkap oleh Nia Purnariyanti (43). Ia pun rela keluar dari pekerjaan yang dilakoni selama 18 tahun demi bisnis grooming kucing ini.

Ia pun membuka Kiett Cats Grooming Kucing yang berada di Perumahan MVR Jalan Merapi 4 Nomor 2, Kecamatan Bae.

“Berawal suka dengan kucing, akhirnya terpikir ingin kerja di rumah dan membuka grooming kucing,” katanya, Jumat (12/11/2021).

Ia menekuni usaha ini mulai Oktober 2020 lalu. Ia pun memberi pelayanan datang ke rumah pelanggannya.

”Saya inginnya yang bisa melayani ke rumah pelanggan, agar ada kedekatan dengan pemilik kucing,” ujarnya.

Pecinta kucing tak perlu merogoh kocek dalam untuk grooming kucing panggilan itu. Grooming sehat hanya dipatok dengan harga Rp 50 ribu, kemudian grooming kutu, jamur, ataupun bulu gimbal hanya selisih Rp 5 ribu.

“Untuk transport menyesuaikan jaraknya, tapi biasanya kalau dekat saya gratiskan,” imbuhnya.

Baca: Sempat Viral di Medsos, Penyembelih Kucing di Grobogan Ternyata Punya Gangguan Jiwa

Kucing-kucing pelanggan mendapatkan sejumlah treatment. Sebelum dimandikan, kucing terlebih dahulu dipotong kukunya. Bulu kaki kucing juga dirapikan.

“Potong kuku juga harus teliti, tidak boleh pepet dihabiskan. Setelah selesai potong kuku, bulu di telapak kaki juga dipotong agar kucing lebih nyaman,” ucapnya.

Selanjutnya, telinga kucing dibersihkan dengan menggunakan cairan pembersih telinga kotoran yang ada di dalam telinga bersih. Pembersihan telinga dirasa sangat penting agar menghindarkan kucing dari kutu telinga.

Kemudian, kondisi tubuh kucing dicek terlebih dahulu dipastikan tidak ada jamur, kutu, atau bulu gimbal pada tubuh kucing. Jika ada, kucing memerlukan perawatan khusus lagi.

“Setelah selesai baru proses peluluran degreas di seluruh tubuh untuk menghilangkan minyak. Setelah itu dimandikan menggunakan sampo khusus kucing,” ujarnya.

Setelah proses pemandian selesai, baru proses pengeringan bulu kucing menggunakan blower. Pengeringan bulu sendiri harus dipastikan benar-benar kering.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...