Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Pati Kejar Vaksinasi Lansia Biar Segera Turun Level

Salah seorang lansia saat disuntik vaksin (MURIANEWS/Cholis Anwar)

MURIANEWS, Pati – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati terus berupaya untuk melakukan percepatan vaksinasi Covid-19, terutama untuk kalangan lanjut usia (lansia). Kabupaten Pati ingin segera turun dari level 3 ke level 2 Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Bahkan vaksinasi dilakukan dengan cara menjemput bola, yakni petugas vaksinator datang langsung ke desa-desa.

Capaian vaksinasi saat ini sudah mencapai 51 persen. Namun, untuk katoegori lansia masih jauh dari harapan, yakni 34 persen.

Bupati Pati Haryanto mengaku saat ini tengah  mengejar target vaksinasi untuk lansia. Selain itu juga para pelajar agar bisa segera melakukan pembelajaran tatap muka.

“Sasarannya paling tidak itu ada 154 ribu lansia. Kalau satu hari misalnya mendapat 2 persen saja, katakanlah itu satu minggu sudah bisa 40 persen dalam mingu ini. Sedangkan untuk yang secara umum kita sudah 53 persen,” katanya, Jumat (12/11/2021).

Baca: Bupati Pati Baru Akan Buka PTM Tahun Depan

Belum lama ini, pihaknya juga mendapatkan vaksin jenis Pfizer sebanyak 223 ribu dosis. Vaksin tersebut akan disuntikkan kepada masyarakat yang belum vaksin.

Namun, dalam proses percepatan vaksinasi ini ada kendala, yakni kurangnya alat suntik. Kalau pun ada, kedatangannya masih terbatas atau tidak sesuai dengan jumlah dosis vaksin.

“Kemarin datang 20 ribu, kemarinnya baru mengambil 75 ribu. Jadi kalau itu misalnya segera diberikan alat suntiknya, ya akan kita suntikkan,” terang orang nomor satu di Pati itu.

Untuk vaksin jenis Pfizer ini, rencananya akan disuntikkan kepada pelajar, remaja dan lansia.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...