Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

APBD Pakai Perkada, Kudus Sisir Program Prioritas

Pendapa Kabupaten Kudus. (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Bupati Kudus HM Hartopo menginstruksikan semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk segera mengumpulkan kajian progam kerja prioritas yang ada di Perubahan APBD 2021.

Sehingga jika benar progamnya mendesak untuk dilaksanakan, maka akan diikutkan dalam penjabaran bupati pada peraturan kepala daerah (Perkada) untuk Perubahan APBD 2021 ini.

Perda Perubahan APBD 2021 Pemkab Kudus sendiri sebelumnya tak bisa dievaluasi oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo karena Pemkab terlambat mengirimkan dokumen. APBD Perubahan pun akhirnya boleh dijalankan dengan Perkada atas izin Kemendagri.

“Segera paling lambat pekan depan harus ada laporan ke saya, harus ada kajiannya seberapa penting progam itu dijalankan sehingga tidak hanya sekadar asal terserap saja,” kata Hartopo, Jumat (12/11/2021).

Baca: BLT Buruh Rokok Kudus Dipastikan Bisa Tetap Cair

Pihaknya pun tak mempermasalahkan bila ada progam fisik yang bisa dibangun dalam waktu satu setengah bulan ini. Namun memang harus lengkap semuanya. Mulai dari RAB hingga berkas pendukung lainnya.

“Seperti pembangunan sekolah rusak itu kan prioritas sehingga akan kami upayakan,” ujarnya.

Hartopo sendiri, sudah memakemkan sejumlah progam yang harus bisa dijalankan di sisa waktu tahun anggaran 2021 ini. Mulai dari pemberian BLT buruh rokok, gaji tenaga kontrak, dan pembayaran listrik.

Selain sejumlah progam kerja itu, pihaknya juga akan memasukkan hibah-hibah yang penting dan mendesak dalam perkada.

“Nah yang terpenting itu untuk BLT buruh rokok jelas, pembayaran gaji outsourcing juga, serta membayar tagihan listrik ke PLN,” pungkasnya.

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...