Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Satwa Dilindungi Banyak Ditemukan di Rumah Warga Jepara

Buaya muara berhasil ditemukan warga di kebun dekat permukiman. (MURIANEWS/Faqih Mansur Hidayat)

MURIANEWS, Jepara – Penemuan buaya muara di Desa Bawu, Kecamatan Batealit, menambah daftar panjang adanya warga Jepara yang memelihara satwa yang dilindungi oleh Undang-Undang. Buaya itu diduga kuat lepas dari kandang warga yang memeliharanya.

Padahal buaya muara masuk dalam kategori satwa yang dilindungi.

Sebelumnya, pekan lalu, Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Tengah, juga menerima dua ekor blacan Sumatera dari warga di Kecamatan Mlonggo.

Petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Tengah, Arif Susiyoko, mengatakan, banyak warga Jepara memelihara satwa-satwa yang dilindungi pemerintah.

Rata-rata mereka tidak paham bahwa hewan yang dipelihara merupakan satwa yang dilindungi.

“Ada beberapa kasus di Jepara, karena adanya faktor ketidaktahuan warga. Biasanya yang mencari nafkah di luar Jawa, itu biasanya diberi orang sana. Tapi dia tidak ngerti dan dipelihara sendiri di rumahnya,” kata Arif, Kamis (11/11/2021).

Arif mengungkapkan, biasanya satwa-satwa dilindungi yang dipelihara masyarakat awam yaitu seperti burung jenis paruh bengkok seperti kakak tua, elang, atau nuri. Untuk jenis mamalia, umumnya yang dipelihara yaitu owa atau siamang.

Baca: Buaya Lepas Nyaris Masuk Permukiman Warga Jepara

Sejauh ini, lanjut Arif, BKSDA kerap melakukan penyisiran di berbagai tempat. Biasanya, pihaknya menyisir di pasar-pasar yang biasa menjual aneka satwa.

“Biasanya kita sosialisasikan kepada para pedagang. Ini satwa yang tidak boleh diperdagangkan, ini yang boleh. Supaya mereka juga harus bisa mengontrol. Jangan sampai asal jual dan beli,” tegas Arif.

Dengan adanya penangkapan buaya dan blacan tersebut, Arif berharap agar warga yang masih memelihara satwa yang dilindugi, supaya segera melaporkan ke BKSDA. Nantinya satwa tersebut akan dikembalikan ke habitatnya.

Baca: Warga Jepara Sukarela Serahkan Blacan Sumatera ke BKSDA

Sementara buaya muara yang ditemukan hampir masuk ke permukiman warga kini telah diamankan. Buaya itu akan dibawa di lembaga konservasi satwa.

“Buaya ini merupakan jenis buaya yang dilindungi oleh undang-undang. Jadi harus dipelihara oleh lembaga yang memiliki izin resmi dari pemerintah untuk memeliharanya. Misalnya di lembaga konservasi satwa,” pungkasnya.

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...