Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Belasan Perahu Wisata Logung Kudus Tak Lolos Izin Operasi

Perahu wisata Logung membawa penumpang sebelum adanya pandemi. (MURIANEWS/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus – Belasan perahu wisata di Bedung Logung di Desa Kandangmas, Kabupaten Kudus, tak lolos saat mengajukan izin operasional dari Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) X Jawa Tengah dan DIY.

Dari 22 perahu yang diajukan izin, hanya sembilan unit saja yang dinyatakan lolos.

Sehingga ada 13 perahu yang dianggap tidak layak dan tidak diperbolehkan digunakan sebagai perahu wisata.

Ketua Pokdarwis Desa Kandangmas, Sabari mengatakan, izin operasi untuk sembilan perahu yang lolos itu keluar pada Selasa (9/11/2021). Dengan izin ini maka sembilan perahu sudah boleh beroperasi.

“Total dari 22 perahu wisata Logung yang kami ajukan ke BPTD itu, sembilan yang sudah lolos. Sementara 13 perahu belum lolos, karena dianggap belum standar,” katanya, Kamis (11/11/2021).

Baca: Tidak Sesuai Standar, Kapolres Kudus Instruksikan Wisata Perahu Logung Kudus Ditutup

Ia mengatakan, untuk 13 perahu yang tak lolos itu, pihakanya sudah berkoordinasi dengan para pemilik. Menurutnya, 13 perahu wisata Logung itu akan diajukan kembali, setelah dilakukan perbaikan sesuai standar.

“Kata BPTD perahu yang belum lolos itu karena panjang, lebar, dan aspek lainnya pada perahu belum standar,” ujarnya.

Baca: Viral Ikan Seberat 12 Kg Ditemukan di Waduk Logung Kudus, Warganet Kaitkan Hal Mistis

Menurutnya, rata-rata perahu yang tak lolos izin merupakan perahu yang terbuat dari drum yang diberi besi pengait. ”Kalau yang sudah standar bahannya dari kayu, fiber, dan besi,” sambungnya.

Sabari menyampaikan, pihaknya juga diminta untuk segera melakukan standarisasi 13 perahu wisata Logung itu, namun masih membutuhkan waktu.

“Sebenarnya kami diminta secepatnya memperbaiki yang belum standar. Tetapi kami perlu waktu. Saat ini dari 13 perahu yang belum standar, tiga di antaranya sudah kami ajukan lagi,” ungkapnya.

Meski sembilan perahu lain sudah mendapat izin, namun menurut dia operasional perahu wisata di Logung baru akan dibuka pada awal tahun mendatang.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...