Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Ganjar Dukung Pocut Meurah Intan Jadi Pahlawan Nasional

Ganjar Pranowo saat berziarah di makam Pocut Meurah Intan di Blora. (MURIANEWS/Kontributor Blora)

MURIANEWS, Blora – Pocut Meurah Intan, seorang pejuang asal Aceh yang dibuang ke Blora hingga akhir hayatnya, diusulkan menjadi pahlawan nasional. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo pun mendukung rencana itu.

Dukungan itu disampaikan Ganjar saat berziarah ke makkam Pocut Meurah Intan di tempat pemakaman umum Desa Tegal Sari, Kabupaten Blora, Selasa (9/11/2021).

Meski dikenal sebagai pejuang besar, pejuang yang dikenal sebagai Singa Betina itu tidak dimakamkan di taman makam pahlawan.

Oleh karenanya ketika Ganjar disodori usulan untuk menjadikan Pocut Meurah Intan sebagai pahlawan nasional langsung disambut Ganjar.

“Tentu akan kami bantu karena itu bentuk penghormatan kita. Darimanapun berada, ya inilah Indonesia. Segera kami ajukan (usulan gelar pahlawan, red),” katanya.

Ganjar juga menawarkan untuk memperbaiki dan membangun makam Pocut Meurah Intan.

“Kalau diizinkan, kita akan perbaiki (makam). Beliau ini pejuang hebat. Dari keluarga Kesultanan dan melawan Belanda sampai dikejar-kejar dan diasingkan ke sini,” katanya.

Baca: Usulan Gelar Pahlawan Mbah Maimoen, Ini Kata Gus Yasin

Menurut Ganjar pembangunan itu bisa dilaksanakan secepatnya karena pihak keluarga sudah setuju.  Bupati Blora Arif Rohman yang turut mendampingi pun setuju dan akan mendukung pembangunan.

“Kalau perlu enggak usah lama-lama, mau dimulai minggu depan boleh, bulan depan juga tidak apa-apa. Nanti kita siapkan dengan baik,” kata Ganjar.

Baca: Pocut Meurah Intan, Singa Betina dari Aceh yang Diasingkan ke Blora

Salah satu keluarga Pocut Meurah Intan di Blora, Sugeng Waluyo menyambut baik rencana Ganjar memperbaiki makam. Selain itu, mereka juga mendukung agar Pocut Meurah Intan diusulkan menjadi pahlawan nasional.

“Saya itu cucu Panglima Mahmud yang masih keponakan Pocut Meurah Intan. Kami sangat setuju, keluarga dari Aceh dan masyarakat Aceh juga setuju dengan pembangunan makam ini. Kami juga berharap beliau bisa diangkat menjadi pahlawan nasional,” kata Sugeng.

Sementara itu, Ketua Ikatan Pelajar Aceh Semarang, Ahmad Jihan Muzaki mengaku sangat berharap Ganjar mau membantu agar Pocut Meurah Intan bisa mendapat gelar  pahlawan nasional.

“Kami sangat berharap pak Ganjar bisa membantu kami dengan berkoordinasi pada Pemda Aceh untuk pengajuan pahlawan nasional itu,” pungkasnya.

 

Kontributor Blora
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...