Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Usulan Gelar Pahlawan Mbah Maimoen, Ini Kata Gus Yasin

Taj Yasin Maimoen (Gus Yasin), Wakil Gubernur Jawa Tengah. (MURIANEWS/Kontributor Blora)

MURIANEWS, Blora – Beberapa kalangan mengusulkan agar almarhum KH Maimoen Zubair dianugerahi gelar pahlawan nasional. Salah satu putra Mbah Maimoen yang juga Wakil Gubernur Jateng Taj Yasin Maimoen (Gus Yasin) pun berkomentar mengenai hal ini.

Gus Yasin mengatakan, pihak keluarga menyatakan siap jika almarhum kiai kharismatik itu diusulkan mendapat gelar pahlawan nasional.

“Kan ini sudah berjalan prosesnya jadi kita serahkan kepada masyarakat jika memang ingin mencantumkan ya kita senang-senang saja,” kata Gus Yasin di Blora, Sabtu (6/11/2021).

Menurut dia, pengusulan gelar pahlawan ini bukan hanya untuk kepentingan keluarga. Melainkan untuk masyarakat ke depan.

“Kami juga senang jika itu terjadi, kepada masyarakat terlebih juga bisa memberikan pengajaran kepada masyarakat mencintai negara keutuhan NKRI,” ujarnya.

Baca: Begini Sosok KH Maimoen Zubair di Mata Para Santri

Sebelumnya di akhir tahun lalu sejumlah tokoh nasional, baik dari kalangan Islam maupun nonIslam mengajukan agar KH Maimoen Zubair layak dimasukkan Pahlawan Nasional.

Dukungan terhadap usulan gelar pahlawan pada Mbah Moen juga sempat disampaikan Pengasuh Pondok Pesantren Tahfidzul Quran-Lembaga Pembinaan Pendidikan dan Pengembangan Ilmu Al Quran (LP3iA) Narukan, Rembang, KH Ahmad Bahauddin Nursalim atau akrab disapa Gus Baha.

Dikutip dari Republika.co.id, dukungan itu disampaikan saat mengisi ceramah dalam Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang digelar virtual oleh DPP PPP, Kamis (17/12/2020) lalu.

Mbah Maimoen dianggap mempunya banyak kontribusi terhadap bangsa Indonesia. Semasa mudanya putra dari Kiai Zubair Dahlan itu juga ikut serta bergerilya dalam mengusir penjajah.

Mbah Maimoen tak hanya dikenal sebagai ulama yang mumpuni dalam berbagai disiplin ilmu. Ia juga seorang politisi yang sangat disegani.

 

Kontributor Blora
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...