Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Ziarah Sunan Muria Wajib Coba Pecel Pakis, Ini Khasiatnya

Pecele Pakis khas Desa Colo, Kudus. (MURIANEWS/Loeby Galih Witantra)

MURIANEWS, Kudus – Berziarah ke Makam Sunan Muria di Kabupaten Kudus, tak lengkap jika belum mencicipi kuliner khas Desa Colo. Desa di lereng Gunung Muria ini terkenal memiliki kuliner bernama pecel pakis.

Pecel dengan daun pakis ini memiliki cita rasa khas yang tidak dapat ditemukan di daerah lain. Kuliner ini dapat ditemukan dengan mudah di sepanjang jalan Desa Colo, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus.

Daun pakis yang termasuk dalam tumbuhan paku-pakuan memang biasa dimasak sebagai sayur-sayuran. Pada mulanya tanaman ini tumbuh liar begitu saja sebelum dimanfaatkan sebagai bahan olahan makanan.

Pemilik warung makan Pecel Pakis, Mbok Yanah mengaku tanaman ini dapat ditemukan dengan mudah di tempat yang lembab seperti tebing, maupun tepian sungai. Pecel Pakis sendiri telah ditemukan dan menjadi resep turun temurun dari leluhur sejak dulu.

“Pakis mudah untuk didapat. Ya karena tumbuhnya liar, dan di Colo sendiri suhunya rendah, jadi gampang ditemukan,” tutur Mbok Yanah.

Mbok Yanah menjelaskan memasak daun pakis tidak memerlukan teknik khusus. Daun pakis cukup direbus biasa lalu disiram atau direndam pada air biasa untuk menjaga warnanya agar tetap hijau dan segar.

Kemudian daun pakis yang telah selesai dimasak disiram dengan bumbu pecel dan dihidangkan dengan sayuran pecel lainnya dan diberi tambahan telur.

Baca: Minibus Elf Bisa Naik Sampai Depan Makam Sunan Muria, Sopir Banjir Pujian Netizen

Pecel terasa semakin nikmat dengan kandungan daun pakis yang menyehatkan. Daun pakis mengandung kalium yang dipercaya mengurangi risiko penyakit jantung.

Daun bernama latin Diplazium Esculentum ini juga berkhasiat dalam menjaga kesehatan mata. Hal ini dikarenakan daun pakis kaya akan vitamin A dan riboflavin (vitamin B2) yang baik untuk mata.

Melansir dari The U.S. National Library of Medicine, makanan dengan mengandung riboflavin tinggi dapat menurunkan risiko katarak. Itu sebabnya mengonsumsi pecel pakis juga secara tidak langsung menjaga kesehatan mata.

Memperoleh vitamin C juga bisa didapatkan dengan mengonsumsi daun pakis. Kandungan vitamin C pada daun pakis dapat meningkatkan sistem imun.

Daun pakis juga dikenal memiliki kandungan zat besi dan vitamin B1 yang tinggi. Zat besi dapat bermanfaat mengurangi risiko anemia, sedangkan mengonsumsi vitamin B1 100 miligram perhari dapat meringankan gejala pada penyakit alzheimer.

 

 

Penulis: Loeby Galih Witantra
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.