Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Berbagai Manfaat Air Kelapa Untuk Kesehatan

kelapa
Buah Kelapa. (Ilustrasi//pixabay.com)

MURIANEWS, Kudus- Sebagai tumbuhan tropis, pohon kelapa banyak tumbuh subur di Indonesia. Tumbuhan yang termasuk kategori palem-paleman ini diketahui memiliki banyak manfaat.

Dari akar, buah, batang dan daun dapat bermanfaat. Untuk buah dan airnya memiliki khasiat yang menyehatkan untuk tubuh manusia.

Air kelapa memiliki kandungan elektrolit dan plasma seimbang yang hampir setara dengan darah. Rata-rata, air kelapa mengandung 5,45 kalori, 1,3 gram gula, 61 miligram kalium, dan 5,45 miligram natrium.

Kandungan itu bermanfaat untuk menghindari tubuh dari dehidrasi. Air kelapa juga disebut mampu meningkatkan kinerja hormon tiroid, sehingga tubuh dapat lebih berenergi

Selain itu berbagai penelitian membuktikan air kelapa efektif untuk mengatasi diare ringan. Air kelapa yang dapat menghidrasi dengan baik dapat dimanfaatkan setelah berolahraga untuk mengganti elektrolit yang hilang.

BACA JUGA: Teh, Minuman Aromatik Kaya Manfaat

Dilansir Innovare Journal of Food Sciences tahun 2018 menyatakan kandungan asam laurat pada air kelapa bersifat anti jamur, anti bakteri dan antivirus. Sifat-sifat asam laurat itu dapat menyingkirkan cacing usus dan bakteri cancida serta melawan infeksi

Riboflavin, niacin, thiamin dan pyridoxine, dan folates yang juga terkandung pada air kelapa muda dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Air kelapa yang mengadung kalium juga dapat menjaga sel dan darah.

Air kelapa disebut dapat melindungi jantung karena tidak terdapat lemak dan kolesterol. Selain menjaga jantung, air kelapa juga dapat mengurangi pembentukan plak dan melancarkan sirkulasi darah karena mengandung sifat anti-platelet dan anti inflamasi.

Penulis: Loeby Galih Witantra
Editor: Budi erje
Sumber: idntimes

Comments
Loading...