Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Bantuan Ternak dan Kambing Pemkab Kudus Dilelang

Suasana Pasar Hewan Mejobo, Kudus. (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Proses bantuan kambing betina beserta kandang dari Pemkab Kudus untuk 75 kelompok petani di Kota Kretek mulai dilelangkan.

Berdasar keterangan di Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE), pagu anggaran untuk pengadaan kambing betina tersebut adalah sebesar Rp 1,04 miliar. Sementara harga perkiraan sendiri (HPS) adalah sebesar Rp 886,16 juta.

Kemudian untuk pengadaan kandang, dipagu dengan anggaran sebesar Rp 304 juta. Sementara untuk HPSnya adalah sebesar Rp 302,87 juta.

“Sudah kami serahkan ke bagian Bagian Pengadaan Barang Jasa Setda Kabupaten Kudus, semoga dalam waktu dekat sudah selesai dan bisa segera dibagikan kepada kelompok tani,” kata Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kudus Sunardi, Jumat (5/11/2021).

Baca: Soal APBD, BLT Buruh Rokok Kudus Juga Terancam Batal

Nardi mengatakan, progam pengadaan kambing beserta kandang yang dilelang ini merupakan anggaran awal yang masuk ke dalam penjabaran ke empat APBD 2021.

Anggarannya, telah tertampung pada Perbup Nomor 27 Tahun 2021 tanggal 9 Agustus 2021 tentang perubahan keempat atas Perbup Nomor 72 Tahun 2020.

“Besaran anggarannya sendiri Rp 2,3 miliar untuk tiga paket kegiatan. Yakni budi daya kambing, ikan, hingga kalkun,” rinci Nardi.

Pada Perubahan APBD 2021 ini, imbuh dia, pemkab menambah alokasi anggaran sebesar Rp 3,4 miliar menjadi Rp 6,6 miliar. Sehingga kelompok petani penerima manfaatnya bisa semakin luas.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...